Setelah Lama Belajar Online, Mahasiswa Unpad Kini Akan Kuliah Tatap Muka

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 01 Oktober 2021
Setelah Lama Belajar Online, Mahasiswa Unpad Kini Akan Kuliah Tatap Muka
Universitas Padjadjaran. (Foto: MP/unpad.ac.id)

MerahPutih.com - Setelah lama kuliah daring, mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) kini siap-siap mengikuti kegiatan kuliah tatap muka secara terbatas, digelar Oktober mendatang. Pihak kampus sudah menyiapkan sejumlah layanan, aturan, dan fasilitas telah disiapkan untuk menunjang hal tersebut.

Rektor Unpad Rina Indiastuti mengatakan, siap menggelar kuliah tatap muka. “Intinya adalah baik secara fasilitas, baik secara jadwal, pedoman, dosen pembimbing, dan kemudian SOP protokol kesehatan itu sudah disiapkan,” kata Rina Indiastuti dalam acara Rektor Menyapa “Unpad Kuliah Tatap Muka Lagi?” yang disiarkan langsung dari Student Lounge kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad, Jatinangor, Kamis (30/9).

Mahasiswa yang akan mengikuti kuliah tatap muka terbatas harus dalam kondisi sehat, mendapat izin orang tua, dan dapat melaksanakan protokol kesehatan di dalam dan luar kampus. Begitu juga dengan dosen dan para staf, harus dipastikan sehat dan dapat menjaga protokol kesehatan.

Baca Juga:

Pengalaman Empat Srikandi Unpad Selamatkan Gibran yang Hilang di Gunung Guntur

Kegiatan kuliah tatap muka ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan mahasiswa di tengah situasi pandemi, terutama untuk kegiatan yang tidak dapat dilakukan secara daring. Sementara untuk perkuliahan yang tidak memerlukan tatap muka secara langsung, tetap dilakukan secara daring.

“Kita memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi dan skill yang tidak bisa dilakukan secara daring, tetapi dengan protokol kesehatan,” kata Rektor.

Rektor Universitas Padjadjaran Rina Indiastuti bersama Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Arief S Kartasasmita menjadi narasumber acara “Rektor Menyapa” yang disiarkan secara langsung dari Student Lounge kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad, Jatinangor, Kamis (30/9). (Foto: Unpad)
Rektor Universitas Padjadjaran Rina Indiastuti bersama Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Arief S Kartasasmita menjadi narasumber acara “Rektor Menyapa” yang disiarkan secara langsung dari Student Lounge kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad, Jatinangor, Kamis (30/9). (Foto: Unpad)

Rektor mengungkapkan, kegiatan perkuliahan di Unpad secara bertahap akan ditingkatkan menuju hybrid. Tahapan ini juga dengan tetap mempertimbangkan kondisi pandemi.

“Tahapan berikutnya, sepanjang pandemi tidak meningkat, kita akan coba dikombinasi. Jadi, nanti ada yang di kampus ada yang daring, itulah nanti kita masuk pada hybrid,” kata Rektor.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Arief S Kartasasmita mengatakan bahwa kesiapan yang telah dilakukan Unpad diharapkan dapat diiringi juga dengan perhatian mahasiswa dalam menjaga protokol kesehatan, termasuk ketika di luar kampus.

Ia mengingatkan mahasiswa jangan sampai abai hingga membahayakan teman-teman mahasiswa yang lain. Ia berharap kerja sama dari mahasiswa agar selalu waspada dan tidak membawa virus dari luar kampus.

Prof Arief juga menekankan bahwa mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan di kampus harus sudah divaksin. Mahasiswa juga harus menyiapkan aplikasi PeduliLindungi untuk dapat masuk ke area kampus.

“Hanya yang sudah tervaksin dengan lengkap dan tidak ada indikasi sedang mengalami COVID-19 diperbolehkan masuk. Jadi kita semua yang masuk akan merasa lebih aman, orang tua bisa lebih yakin bahwa anak-anaknya pada saat masuk kampus itu kampus sudah kami siapkan untuk lebih kecil kemungkinan untuk penularan COVID,” kata Arief.

Baca Juga:

Unpad Terima Hibah 30 Mesin PCR dari Korea Selatan

Bagi mahasiswa yang belum mendapat vaksinasi atau kesulitan transportasi, Unpad pun telah menyiapkan rencana untuk menyelenggarakannya di waktu yang lain.

“Kalau misalnya belum sempat vaksin atau sulit transportasi, maka jangan takut kami tetap akan menyiapkan plan B-nya,” kata Arief.

Acara Rektor Menyapa ini juga menghadirkan narasumber Dekan Fakultas Teknik Geologi Mega Fatimah Rosana, Direktur Sarana, Prasarana, dan Manajemen Aset Edward Henry, Kepala Pusat Pengelolaan Pengetahuan Wina Erwina, dan Koordinator Pusat Pelayanan Terpadu Unpad Elin Herlina. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Unpad Soroti Lambatnya Penyerapan Anggaran COVID-19 di Jabar

#Breaking #Unpad #Belajar Tatap Muka
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan