Setelah Khofifah Ambil Formulir ke Demokrat, La Nyalla Justru Cabut Pendaftaran La Nyalla Mattalitti. (MP/Budi Lentera)

MerahPutih.com - Secara mmengejutkan, La Nyalla Mattalitti mencabut pendaftarannya dari Partai Demokrat untuk maju Pilgub Jatim. Keputusan mundur ini diambil lantaran kecewaannya melihat Partai Demokrat yang kembali membuka pendaftaran setelah menutup pendaftaran.

“Ini soal komitmen dan kredibilitas dari sebuah proses politik yang seharusnya transparan, akuntabel, dan amanah,” tegas La Nyalla dalam pernyataan tertulisnya, Senin (2/10).

Dengan membuka kembali penjaringan, La Nyalla menilai, Partai Demokrat tidak memberi edukasi politik yang baik ke publik.

Padahal, lanjutnya, komitmen itu disampaikan partai di forum resmi maupun pernyataan tertulis resmi yang juga telah diketahui secara luas oleh publik melalui media massa.

La Nyalla membeberkan, perubahan jadwal penjaraingan cagub-cawagub yang dilakukan Partai Demokrat ini patut disesalkan. Sebab, lanjut Nyalla, perubahan ini tanpa pemberitahuan kepada calon yang sebelumnya sudah mendaftar secara sungguh-sungguh.

Baginya, proses politik bukan soal menang-kalah atau kuat-lemah dalam konteks kekuasaan. Tapi seyogianya proses yang ditunjukkan para elite partai bisa menunjukkan cara berdemokrasi yang beradab.

“Untuk itu, dengan kesadaran penuh berlandaskan akal sehat dan tanggung jawab serta komitmen saya untuk masyarakat Jatim, saya mundur dari pendaftaran pencalonan Gubernur Jatim dari Partai Demokrat,” tandasnya.

Seperti diketahui, Juli lalu Partai Demokrat telah menutup pendaftaran bakal calon gubernur.

Namun berdasarkan Surat Edaran (SE) DPP Partai Demokrat Nomor: 23/INT/DPP.PD/IX/2017 tertanggal 18 September, Partai Demokrat membuka kembali penjaringan tahap dua hingga 30 September. Dan di hari terakhir pendaftaran, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, mengambil formulir melalui seseorang utusan. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Budi Lentera, kontributor merahputih.com untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: DPD Partai Demokrat Jatim Benarkan Utusan Menteri Khofifah Ambil Formulir



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH