Setelah Hangzhou, Asian Games Digelar di Aichi Nagoya

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 09 Oktober 2023
Setelah Hangzhou, Asian Games Digelar di Aichi Nagoya
Sejumlah penari tampil pada penutupan Asian Games 2022 di Hangzhou. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Asian Games 2022 resmi ditutup melalui upacara penutupan megah yang dihiasi pameran teknologi visual tinggi di Stadion Olimpiade Hangzhou, Minggu (9/10).

Indonesia mengakhiri Asian Games 2022 dengan menduduki peringkat ke-13, dengan perolehna 7 medali emas, 11 medali perak, dan 18 medali perunggu.

Baca Juga:

Asian Games 2022 di Hangzhou Resmi Ditutup

Penutupan dibuka dengan penampilan para pengisi acara yang membentuk gelombang air, untuk kemudian disusul dengan keluarnya para pembawa bendera dan para atlet.

Setelah itu permainan citra digital membentuk gambar bunga di tengah lapangan. Di saat bersamaan, gambar-gambar hologram raksasa tiga maskot Asian Games 2022, yakni Congcong, Lianlian, dan Chenchen muncul untuk memeriahkan pesta penutupan.

Acara dilanjutkan dengan pernyataan dari Presiden Komite Olimpiade China Gao Zhidan dan Pelaksana Presiden Dewan Olimpiade Asia (Olympic Council of Asia) Raja Randhir Singh, yang secara resmi menutup Asian Games 2022.

"Saya nyatakan Asian Games ke-19 di Hangzhou ditutup dan sesuai tradisi memanggil anak muda Asia untuk berkumpul dalam waktu tiga tahun mendatang di Aichi-Nagoya, untuk merayakan Asian Games ke-20 sesuai dengan cita-cita Dewan Olimpiade Asia," kata Randhir Singh.

Seremoni selanjutnya adalah pemberian obor dari Wali Kota Hangzhou Yao Gao kepada Randhir Singh. Randhir kemudian memberikan obor tersebut kepada Gubernur Aichi Ohmura Hideaki dan Wakil Wali Kota Nagoya Hideo Nakata. Setelah itu, bendera OCA diserahkan oleh Yao kepada Randhir, dan diteruskan kepada Hideaki dan Nakata.

Setelah penyerahan obor dan bendera OCA kepada kedua pejabat Jepang tersebut, lagu kebangsaan Jepang dikumandangkan untuk mengiringi naiknya bendera negara matahari tersebut.

Sebagaimana pada upacara pembukaan, pembawa obor digital kembali hadir. Namun kali ini, ia membawa api Asian Games pergi sambil menghilang di langit. (*)

Baca Juga:

Ketua NOC Indonesia Sebut Asian Games 2022 jadi Evaluasi Menuju Olimpiade 2024

#Asian Games #Olahraga #Pertandingan
Bagikan
Bagikan