Setelah Diterjang Banjir, 97 Persen Gardu Listrik di Jayapura Telah Pulih

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 10 Januari 2022
Setelah Diterjang Banjir, 97 Persen Gardu Listrik di Jayapura Telah Pulih
Banjir di Jayapura. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Sebanyak 290 gardu listrik dari total 297 gardu PT PLN (Persero) terdampak banjir di Jayapura, Papua, telah dipulihkan. Hingga Minggu (9/1/2022), progressnya sudah 97 persen di mana sebanyak tujuh gardu masih dalam pemulihan oleh petugas di lapangan.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat Abdul Farid mengatakan, pihaknya berupaya semaksimal mungkin untuk memulihkan sistem kelistrikan di Jayapura dan sekitarnya.

Baca Juga:

13 Desa di Nunukan Terendam Banjir

"PLN bergerak cepat memulihkan sistem kelistrikan di Jayapura imbas dari banjir bandang yang merusak gardu dan infrastruktur kelistrikan di Jayapura," katanya.

Gardu yang belum dipulihkan, disebabkan masih terendam banjir. Untuk percepatan pemulihan listrik, PLN mengerahkan sebanyak 225 petugas.

Dia menjelaskan, kini masih ada tiga lokasi terdampak banjir yang sedang dalam proses penormalan menunggu air surut yakni BTN Gajah Mada Sentani, Nimbokrang dan Kampung Ayapo di Kabupaten Jayapura, sebagian kompleks Organda Dalam Abepura di Kota Jayapura.

Perbaikan gardu listrik di Jayapura.(Foto: Antara)
Perbaikan gardu listrik di Jayapura.(Foto: Antara)

Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano (BTM) sudah meminta warga yang bermukim di sekitar lereng gunung untuk mengungsi sementara di malam hari. Permintaan itu sudah disampaikan ke para lurah saat mengunjungi lokasi banjir dan longsor yang terjadi Jumat dini hari (7/1).

"Mungkin wanita, anak-anak dan orang tua bila malam hari untuk sementara waktu diungsikan ke rumah kerabat, sedang lelaki dewasa menjaga rumah dan harus waspada," kata BTM.

Banjir yang terjadi di empat distrik dari lima distrik di wilayah Kota Jayapura itu menyebabkan 7.005 orang jadi korban, sedangkan tanah longsor menyebabkan 12 warga Distrik Jayapura Utara tertimbun longsor, tujuh orang diantaranya meninggal.

Pemkot Jayapura saat ini membuka posko di tiga lokasi yakni pasar Youtefa, Perumahan Organda dan SMA 4 Entrop. (*)

Baca Juga:

BMKG Beberkan Penyebab Banjir di Jayapura

#Banjir #Bencana Alam #PLN #Kinerja BUMN #BUMN #Papua
Bagikan
Bagikan