Setelah Dapat Angpau, Yuk Manfaatkan dengan Baik

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Sabtu, 13 Februari 2021
Setelah Dapat Angpau, Yuk Manfaatkan dengan Baik
Harus dapat digunakan sebaik mungkin. (Foto: Pexels/RODNAE Productions)

GIMANA Sobat Merah Putih perayaan Imleknya? Kira-kira, angpaunya cukup tidak buat beli barang impianmu? Hadiah di Tahun Baru Imlek itu memang sudah menjadi tradisi dan alangkah baiknya jika kamu memanfaatkannya dengan baik.

Siapa sih yang tidak mengharapkan angpau di setiap tradisi Imlek? Pasti warna yang kamu suka adalah biru atau merah. Semakin banyak angpau yang kamu terima, maka semakin bijak kamu mengatur dirimu sendiri. Terkadang, kita sering kalap ingin membeli keinginan, bukan kebutuhan. Bukan berarti tidak boleh, tapi harus diatur.

Baca juga:

Mengenal Kue Bulan dan Ragam Jenisnya

Setelah Dapat Angpau, Yuk Manfaatkan dengan Baik
Bedakan kebutuhan dan keinginan. (Foto: Pexels/Gir Lee (Mac Stone))

Mengutip laman ANTARA, Branding and Communication Strategist MiPOWER by Sequis, Ivan Christian Winatha menyarankan kita untuk melihat angpau sebagai dana tambahan masa depan. Bukan untuk dihambur-hamburkan.

“Jika kamu memilih untuk tidak menggunakannya saat ini, tentu sangat baik karena uang tambahan dapat menambah saldo tabungan atau investasi. Jika memiliki kebutuhan jangka pendek, angpau tersebut bisa digunakan untuk biaya kuliah atau uang kost,” kata Ivan.

Kalau kamu ingin nilai angpau yang diterima lebih besar dari yang didapat saat ini, lebih baik dialihkan ke dana investasi jangka panjang. Namun buat para pemula, jangan berfokus pada nikmat sementara saja. Sebaiknya pelajari dulu apa itu investasi serta kelebihan dan kekurangannya.

Kamu juga bisa menggunakan prinsip Pareto, yakni 80:20 yang artinya 80 persen untuk biaya hidup dan 20 persen untuk tabungan masa depan. Menurut Ivan, prinsip ini sangat penting diterapkan guna hidup yang lebih hemat, tidak boros, dan kesempatan mempersiapkan masa depan.


Baca juga:

Sejarah Singkat Bakpia, Kuliner Asal Tiongkok yang Masuk ke Indonesia

Setelah Dapat Angpau, Yuk Manfaatkan dengan Baik
Pikirkan untuk investasi masa depan. (Foto: Unsplash/Jason Leung)

Cara mempraktikkannya pun cukup mudah, yakni menilik kembali dalam melakukan pengeluaran, lalu pertimbangkan apakah pengeluaran itu bisa ditunda atau dikurangi. Contohnya, apakah langganan platform musik online termasuk keinginan atau kebutuhan. Solusinya, kamu bisa berbagi aku langganan dengan teman sehingga bias mengurangi pengeluaran.

“Menyempatkan waktu untuk belajar cara menggunakan uang akan membantu kita lepas dari jerat utang, membantu kita tidak terikat pada utang, dan semakin bijak mengelola keuangan. Jika pengeluaran banyak maka gunakan skala prioritas,” tuturnya.

Hasil angpau juga bisa kamu manfaatkan untuk membeli asuransi jiwa atau kesehatan demi melindungi kondisi finansial jika terjadi risiko tak terduga. (and)

Baca juga:

INTI Imbau Perayaan dan Silaturahmi Imlek Dilakukan Virtual dari Rumah

#Imlek #Uang
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan