Setahun Jokowi-JK, Partai Gerindra Beri Rapor Merah Presiden Joko Widodo (Foto Facebook)

MerahPutih Peristiwa - Pemerintah Jokowi-JK akan berusia genap satu tahun pada 20 Oktober mendatang. Fraksi Gerindra menilai selama setahun memerintah kinerja duet Jokowi-JK buruk. 

"Nilai rapornya merah. Perlu remedial (perbaikan)," kata Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (15/10). 

Ketua Fraksi Gerindra itu membeberkan kinerja setahun pemerintahan Jokowi-JK dalam berbagai sektor. 

"Di bidang ekonomi harga tukar dolar yang sebelumnya Rp9.500 sekarang menjadi Rp13.500. Berarti bertambah sekira 35-40 persen," jelasnya.

"Sedangkan pertumbuhan ekonomi menurun dari 6 persen menjadi 5 persen. Inflasi juga sama. Saat dilantik utang luar negeri rendah, sekarang membengkak," sambung Muzani.

Muzani menambahkan, angka pengangguran dan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) juga meroket. Di sisi lain, tenaga kerja asing bisa masuk hampir ke semua sektor. 

Di bidang politik, Gerindra juga menilai tidak ada prestasi yang membanggakan. Muzani memberikan penilaian berdasarkan pecahnya partai Golkar dan PPP. Selain itu, komunikasi internal pemerintahan dinilai tidak berjalan maksimal sehingga seolah tanpa komando. 

Muzani menyatakan di bidang sosial, terkait penanganan bencana pemerintahan Jokowi-JK dinilai lamban. Terlihat dari belum selesainya penanganan bencana asap akibat kebakaran hutan. 

Belum lagi kasus tewasnya jemaah haji asal Indonesia dalam jatuhnya alat derek (crane) dan tragedi Mina. (Luh) 

Baca Juga:

  1. Setahun Jokowi-JK, Tujuh Proyek Mangkrak Rampung
  2. Jelang Setahun Jokowi-JK, Nawa Cita Belum Maksimal
  3. Satu Tahun Jokowi-JK, Pemerintah Lemah Terhadap Upaya Pemberantasan Korupsi
  4. Jelang Satu Tahun Jokowi-JK, Manajemen Pemerintahan Buruk
  5. Janji Jokowi di Awal Memerintah Belum Terealisasi


Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH