Setahun Anies Gubernur, Warga: Adem Ayem Pembangunan Belum Kelihatan! Gubernur dan Wakil Gubernur DKI JAKARTA periode 2017-2022 Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahudin Uno saat awal dilantik setahun silam (MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Pada 16 Oktober 2018 nanti, kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginjak 1 tahun kerja. Banyak prokontra di masyarakat soal kinerja Anies dalam membangun Jakarta.

Seorang warga Manggarai, Jakarta Selatan bernama Ade (31) menyebut Anies selama hampir setahun memimpin ibu kota belum terlihat keberhasilannya dalam membangun Jakarta.

"Masih belum kelihatan pak. saya malah enggak tahu apa aja yang udah dibangun selama ini. Apa mungkin karena baru terlalu sebentar apa karena enggak digembar-gembor. Adem ayem ajah," kata Ade kepada MerahPutih.com, Sabtu (13/10).

kumuh
Potret pemukiman kumuh di bantaran anak Kali Ciliwung, Tanah Abang, Jakarta Pusat. (Foto: MerahPutih/Dery Ridwansah)

Ade juga menyoroti kepemimpinan Anies yang tetap membiarkan pedagang masih berjualan di trotoar. Padahal pedestrian di Jakarta yang sudah bagus dibangun malah disalahgunakan untuk menjajakan dagangan dan lahan parkir. Pemandangan itu terlihat di Jatinegara, Jakarta Timur.

"Pak Anies bangun terus trotoar. keluarin duit ya. tapi malah buat jualan dan parkir. Enggak ada pengawasan. rusak lagi. bangun lagi. sayang," jelasnya.

Sebaliknya, Komaruddin (28) memberikan penilaian positif kebijakan satu tahun kepemimpinan Anies. Menurut dia, Anies sudah bagus karena sudah menepati janji kampanyenya, salah satunya menutup Spa Hotel Alexis.

hotel alexis
Hotel Alexis. (merahputih.com)

"Kemudian tolak Reklamasi dengan tidak melanjutkannya, menutup tempat sarang narkoba esek-esek, buat sistem integrasi angkutan umum Jak Lingko," ungkapnya.

Menurut Komaruddin, orang nomor saru di Jakarta saat ini juga pro kepada rakyat kecil dengan mengizinkan kembali sepeda motor melintas di Sudirman-Thamrin

"Misalnya sepeda motor sekarang boleh lewat Sudirman-Thamrin, sepeda di fasilitasi di Monas, harga-harga pangan terjangkau beli di Jakmart," tutup warga Jakarta itu. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH