Kesehatan
Sesesap Alkohol pada Anak, Membuatnya Mencari Lagi Tidak baik memberikan minuman beralkohol pada anak-anak. (Foto: Pexels/ELEVATE0

JANGAN pernah memberikan minuman beralkohol pada anak-anak demikian menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Uniformed Services University of the Health Science, Bethesda, Maryland, Amerika Serikat. Menurut laman Dailymail, sesesap minuman beralkohol akan membuat si anak menjadi peminum di masa depan.

Anak-anak yang sudah mengenal alkohol itu, di masa remajanya akan mencari minuman alkohol ringan. Sejalan dengan waktu ketika dewasa akan mencari yang lebih berat lagi.

Baca Juga:

Epigallo, Kandungan Teh Hijau Mampu Atasi COVID-19

alkohol
Alkohol bukan untuk dikonsumsi anak-anak. (Foto: Pexels/Helena Lopes)

Sebagai informasi saja, di Inggris diperbolehkan anak-anak berusia 5-16 tahun minum alkohol, sejauh dilakukan di dalam rumah. Namun badan kesehatan di Inggris kemudian menghimbau pada orangtua untuk tidak memberikan alkohol pada anak-anak.

Penelitian juga menemukan umumnya mereka yang sudah minum di usia muda tidak menunjukan hasil yang baik di bidang pendidikan, perilaku bermasalah dan terlibat banyak masalah bila sudah dewasa. Secara hukum sangat dilarang memberikan alkohol pada anak-anak berusia lima tahun ke bawah. Juga tidak diperbolehkan secara hukum menjual alkohol pada orang yang berusia di bawah 18 tahun.

Meskipun sudah ada himbauan memberikan minuman alkohol di masa anak-anak. Namun kebanyakan keluarga menengah memberikan alkohol selama makan bersama. Alasannya adalah untuk memberikan pengenalan pada alkohol supaya dapat bertanggungjawab bila sudah boleh minum di luar.

Namun menurut National Health Service (NHS) England, alkohol dapat berakibat buruk pada kesehatan anak-anak, meskipun sudah berusia 15 tahun. Alkohol dapat berakibat buruk pada organ-organ vital termasuk otak, hati, tulang dan hormon.

Sementara International Alliance for Responsible Drinking (IARD), sudah seharusnya orangtua tak memberikan minuman beralkohol dengan alasan apapun.

Baca Juga:

Binge Eating Disorder, Umum Terjadi namun Sedikit yang Mengerti

alkohol
Anak-anak yang sudah diperkenalkan alkohol di usianya itu akan menjadi peminum bila dewasa. (Foto: Pexels/Anete Lusina)

“Kami menghimabu pada orangtua tak memberikan alkohol atau berbagi dengan anak-anak meskipun tujuannya baik,”kata Albert Baladi, ketua IARD.

Penelitian yang dibuat oleh Uniformed Services University itu menganalisa data kesehatan dari 4.842 anak-anak di Amerika denga rentang usia 9 sampai 11 tahun. Ada sekitar 52 persen laki-laki, 60 persen kulit putih, 19 persen hispanik dan 9 persen afrika amerika.

Penelitian yang dipublikasikan pada Drug and Alcohol Dependence memuat bahwa sekitar 22 persen dari anak-anak itu pernah mencicipi alkohol. Kebanyakan dari mereka diberi kesempatan mencicipi bir oleh ayah dari anak-anak itu.

Mikela A. Murphy, ketua penelitian menemukan korelasi itu dan menyebutkan memainkan perannya membentuk keinginan untuk mendapatkannya kembali.

Sama yang ditemukan oleh penelitian di Australia yang menyatakan bahwa anak-anak yang diperbolehkan meminum alkohol selama makan malam, 85 persen lebih menyukai alkohol pada usia dewasa.

Para peneliti melihat bahwa memberikan cicipan sedikit pada anak-anak, tidak memberikan ‘kekebalan’ untuk tidak menyentuh alkohol. (psr)

Baca Juga:

Orangtua Abai akan Anak, ini 4 Dampak Fatalnya

Penulis : P Suryo R P Suryo R
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pengalaman 'Menyeramkan' Idola K-Pop saat Jalani Wajib Militer
ShowBiz
Pengalaman 'Menyeramkan' Idola K-Pop saat Jalani Wajib Militer

Kisah kelam idola K-Pop saat menjalani wajib militer.

Multitasking Tidak Selalu Efektif
Fun
Multitasking Tidak Selalu Efektif

Multitasking ternyata tidak baik untuk kesehatan mental

Adidas Rilis Sepatu Golf Bertema Manchester United
Fashion
Adidas Rilis Sepatu Golf Bertema Manchester United

Kasual banget, fans MU wajib punya,

Mini Album 'SEE YOU SOMEDAY', Penawar Rindu Ala Rendy Pandugo
ShowBiz
Mini Album 'SEE YOU SOMEDAY', Penawar Rindu Ala Rendy Pandugo

SEE YOU SOMEDAY adalah bentuk ekspresi bagaimana seorang Rendy Pandugo ‘rindu’ untuk manggung langsung di depan para penggemarnya.

Mengkritik Grup Idola K-Pop Terkenal, Berani?
ShowBiz
Mengkritik Grup Idola K-Pop Terkenal, Berani?

Melihat budaya ini, banyak orang jadi tidak berani berpendapat karena takut dikira haters dan dirundung sama para penggemar.

Pandemi, Topping Off Carstensz Residence Tepat Waktu
City Property
Pandemi, Topping Off Carstensz Residence Tepat Waktu

Pandemi tidak menjadi halangan bagi proyek Carstensz.

4 Lagu Hasil Cover BTS yang Bisa Menceriakan Harimu
ShowBiz
Voice of Baceprot Jadi Wakil Indonesia di WOW UK Festival 2021
ShowBiz
Voice of Baceprot Jadi Wakil Indonesia di WOW UK Festival 2021

Memaikan musik metal, tiga gadis berjilbab asal Bandung diundang ke WOW UK Festival 2021.

Pasien COVID-19 Tewas Usai Keluarga Cabut Ventilator untuk Menyalakan AC
Hiburan & Gaya Hidup
Pasien COVID-19 Tewas Usai Keluarga Cabut Ventilator untuk Menyalakan AC

Pasien COVID-19 ini Tewas Usai Keluarga Cabut Ventilator Untuk Menyalakan Pendingin Udara