Serunya Lomba Panjat Pinang di Wilayah Perbatasan RI

Eddy FloEddy Flo - Jumat, 18 Agustus 2017
Serunya Lomba Panjat Pinang di Wilayah Perbatasan RI
Ilustrasi panjat pinang (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

MerahPutih.Com - Sudah menjadi tradisi setiap perayaan kemerdekaan selalu ada lomba panjat pinang. Semua warga mulai dari anak-anak sampai orang dewasa bersemangat mengikuti panjat pinang.

Nah, bagaimana dengan suasana perayaan HUT RI di daerah perbatasan seperti RI-Papua Nugini? Apakah warga RI di sana juga ikut dalam lomba panjat pinang?

Beruntung ada Satgas Pamtas. Satuan tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-PNG dari Yonif Para Raider 432/WSJ Kostrad menggelar lomba panjat pinang di Skouw, Distrik Muaratami, Kota Jayapura, Papua.

Komandan satgas (Dansatgas) Pamtas Yonif Para Raider 432/WSJ Kostrad Letkol Inf Ahmad Daud di Jayapura, Jumat, mengatakan lomba tersebut bagian dari menyemarakkan HUT ke-72 Kemerdekaan RI di kawasan perbatasan RI-Papua New Guinea (PNG) yang melibatkan masyarakat setempat dan para pekerja bangunan.

"Jadi, ada tiga pohon pinang yang disiapkan dengan barbagai hadiah menarik. Warga sekitar dan para pekerja bangunan dari PLBN juga ikut ambil bagian dalam lomba tersebut," katanya.

Menurut Letkol Inf Ahmad Daud, tim dari pekerja dari salah satu BUMN tersebut menyabet hampir semua hadiah yang tersedia dipuncak atas pohon pinang.

"Ada juga warga masyarakat yang dapat hadiah dari aksi lomba panjat pinang. Bahkan ada warga yang berulang-ulang untuk memanjat tapi tidak bisa karena licin,"katanya.

Selain lomba panjat pinang, kata dia, ada juga lomba atau pertandingan bola voli antartim masyarakat sekitar.

"Intinya kami ingin membuat warga senang dan bangga, pada saat HUT Kemerdekaan ada aneka lomba yang menghibur,"kata Ahmad.

Sementara itu, Bambang, salah satu pekerja bangunan yang akrab disapa Pakde oleh rekan-rekannya mengaku lomba panjat pinang membuat dia dan teman-teman terhibur.

"Kami sangat senang dengan adanya perlombaan seperti ini, untuk melepas kejenuhan dari aktivitas sehari hari kami lomba ini menjadi sebuah hiburan tersendiri bagi kami. Dan kami berterimakasih kepada Satgas yang sudah mengadakan seluruh kegiatan kegiatan di batas ini dalam rangka HUT RI," katanya.(*)

#HUT RI Ke-72 #Kawasan Perbatasan Indonesia #Satgas Pamtas RI-PNG #Satgas Yonif 400 Raider
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan