Serunya Berinteraksi dengan Ratusan Kera di Hutan Lindung Solear Hutan Lindung Solear, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Banten. (Foto: Screenshot Twitter)

MerahPutih Wisata - Hutan Lindung Solear merupakan salah satu kawasan hutan lindung di Provinsi Banten yang menjadi objek wisata andalan. Salah satu kegiatan wisata yang menarik di Hutan Lindung Solear yaitu berinteraksi dengan kera yang jumlahnya mencapai ratusan.

Hutan Lindung Solear terletak di Desa Solear, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang. Di Banten, ada beberapa kawasan konservasi yang menjadi objek wisata alam. Sebut saja kawasan Taman Nasional Ujung Kulon di Kabupaten Pandeglang dan Pulau Dua atau Pulau Burung di Kota Serang. Di Kabupaten Tangerang, ada Hutan Lindung Solear.

Kawasan Hutan Lindung Solear memiliki luas 4,5 hektare. Habitat kera di Hutan Lindung Solear berjumlah ratusan ekor. Meski liar, kera-kera ini biasa berinteraksi dengan pengunjung. Pengelola memfasilitasi pengunjung untuk berinteraksi lebih dekat dengan cara memberi makan kera-kera ini. Makanan bisa didapat dengan membeli kacang atau pisang yang banyak dijual di kawasan hutan lindung.

Ketika Anda mengeluarkan makanan, kera-kera itu akan berkerumun saling berebut. Kegiatan berinteraksi dengan kera-kera ini menjadi pengalaman yang menarik bagi Anda yang mengunjungi Hutan Lindung Solear. Ratusan ekor kera akan mengelilingi Anda. Jangan takut. Mereka hanya ingin mendapat makanan yang Anda pegang, bukan untuk mengganggu.

Hutan Lindung Solear dapat ditempuh dari pusat kabupaten, Tiga Raksa, kurang lebih 17 kilometer. Destinasi wisata ini dapat ditempuh melalui Balaraja menuju Cisoka. Seperti diketahui, Kecamatan Solear merupakan pemekaran dari Kecamatan Cisoka.

Hutan Lindung Solear menawarkan keindahan alam. Kesegaran udara di dalam hutan dengan pohon-pohon besar membuat pengujung bisa beristirahat dari rutinitas sehari-hari. Hutan Lindung Solear telah dilengkapi dengan sarana wisata, seperti lahan parkir memadai. Jalur trekking di dalam hutan juga sudah bangun sehingga pengunjung dapat menikmati suasana alam bebas dengan nyaman.

Selain menikmati suasana alam dan berinteraksi dengan ratusan kera liar, Hutan Lindung Solear juga dikenal tempat berziarah. Di dalam hutan lindung terdapat makam seorang ulama Syekh Mas Masad bin Hawa. Para peziarah juga mengunjungi Hutan Lindung Solear saat malam hari untuk mendapatkan suasana berbeda saat berziarah. Wisata religius ini tentu menambah keeksotisan Hutan Lindung Solear.


BACA JUGA:

  1. Pulau Dua Surga Ribuan Burung Migran di Banten
  2. Wisata Sejarah di Benteng Speelwijk Banten
  3. Masjid Cikoneng Akulturasi Budaya Lampung masa Kesultanan Banten
  4. Serunya Menyaksikan Banteng Liar di Cidaon Banten
  5. Lagu Dayung Sampan Senandung Masyarakat Pesisir Banten


Noer Ardiansjah