Eksotika Papua

Serunya Berenang dengan Hiu di Teluk Cenderawasih

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 05 September 2018
Serunya Berenang dengan Hiu di Teluk Cenderawasih
Teluk Cenderawasih juga merupakan habitat hiu paus. (Foto: [email protected]_cenderawasih)

LAUT Indonesia kaya akan biodiversitasnya. Berbagai makhluk laut dapat ditemui di seluruh perairan di Indonesia. Begitu kayanya hingga negara ini dikenal sebagai biodiversitas dunia. Hal tersebut membuat laut Indonesia menjadi surga para penyelam di seluruh dunia. Mulai dari hewan laut kecil hingga ikan besar seperti hiu dan paus ada di Indonesia. Salah satu wilayah perairan yang dikenal sebagai habitat hewan besar di Indonesia adalah Teluk Cenderawasih.

Teluk yang terletak di Nabire, Papua tersebut merupakan bagian dari taman nasional dengan wilayah perairan terluas di Indonesia. Letak geografis Teluk Cenderawasih cukup unik yakni berada di 2 provinsi dan 5 wilayah. Di provinsi Papua Barat terletak di Kabupaten Teluk Wondana an Kabupaten Manokwari. Sementara di provinsi Papua berada di Kabupaten Nabire, Kabupaten Yapen, dan Kabupaten Waropen.

papua
Fenomenal dapat berenang bersama hiu paus. (Foto: instagram@moelyadhiie)

Berdasarkan informasi yang dilansir dari WWF, jumlah terumbu karang dan spesies yang ada di Indonesia lebih dari 950 spesies ikan dan karang. Ukurannya yang berkisar 1.453.500 hektar membuat sejumlah hewan laut besar nyaman berada di sana. Hewan besar yang diketahui hidup dan berkembangbiak di Teluk Cenderawasih antara lain hiu, paus, ikan duyung (dugong), Napoleon Wrasse, lumba-lumba dan penyu.

Teluk Cenderawasih juga merupakan habitat hiu paus. Hiu paus merupakan hiu raksasa dengan ukuran mencapai 17 meter. Meski tergolong jenis hiu, ikan ini jinak dan tak berbahaya bagi manusia. Hiu Paus hanya memangsa ikan-ikan kecil yang ada di sana. Hewan ini juga dikenal ramah dan bersahabat dengan manusia.Jika beruntung, kita bisa melihat mereka muncul ke permukaan. Hiu Paus kerap berinteraksi dengan warga lokal.

papua
Rumah dari 950 spesies ikan. (Foto: instagram@tn teluk_cenderawasih)

Meski terkenal akan wisata baharinya yang luar biasa, kita juga bisa berkunjung ke goa alam. Goa tersebut merupakan peninggalan zaman purbakala. Goa alam yang ada di Teluk Cenderawasih adalah sumber air panas dan mengandung belerang tanpa kadar garam.

Bagi yang ingin berkunjung ke Teluk Cenderawasih harus memikirkan akomodasi. Kawasan tersebut tidak menyediakan hotel. Biasanya para pemandu wisata memberikan pelayanan untuk tinggal di atas kapal atau dikenal dengan istilah Live Aboard selama 4 hingga 10 hari. Semua keperluan harian telah dicukupi di sana mulai dari tempat tidur, minuman air tawar, makanan hingga peralatan diving. (avia)

#Eksotika Papua
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan