Seru! Jokowi Bikin Vlog Bareng Barista Bandung Jokowi nge-vlog di Bandung. (Foto: ANTARA/Joko Susilo)

TEKNIK penyeduhan kopi V60 kerap menciptakan karakter yang memuaskan pada setiap seduhan single origin. Karakter kopinya biasanya beraroma kuat dan lebih bersih. Nyaris tanpa ampas. Penggemar manual brew banyak yang menyukai kopi yang dibuat dengan teknik V60.

V60 juga seringkali digunakan pada kompetisi menyeduh kopi. Seperti kompetisi kopi Battle of Brewers yang digelar akhir pekan lalu. Teknik ini cukup menarik untuk dilombakan.

Ditemukan di Jepang sekitar 12 tahun lalu, V60 banyak dipakai di kafe dan kedai kopi di berbagai daerah, termasuk Bandung. Bahkan, teknik seduh kopi ini telah berhasil menggoda Presiden RI Joko Widodo untuk membuat video vlogging atau vlog di sela kunjungan kerjanya di Bandung, Senin (4/12).

"Kebetulan ada di Bandung dan saya akan ada barista yang akan membuat kopi dengan metode penyeduhan V60," ujar Jokowi saat nge-vlog, seperti dikutip ANTARA.

Vlog yang dibuat di sebuah kedai kopi di Jalan Progo, Bandung itu memang menampilkan aksi seorang barista yang menyeduh kopi dari Flores dengan teknik V60. Saat nge-vlog, Jokowi tak hanya berduaan dengan sang barista.

Ia ditemani pula Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Pangdam II Siliwangi Mayor Jenderal (TNI) Doni Monardo, dan Kapolda Jawa Barat Irjen (Pol) Agung Budi.

Aksi nge-vlog Jokowi mengundang perhatian. Di akhir acara, tak sedikit pengunjung dan warga Bandung yang meminta swafoto. Wah, jangan-jangan, Anda juga turut berswafoto bersama Jokowi. (*)

Baca juga artikel 'Battle of Brewers' Dimulai dengan Penyeduh Kopi V60.

Kredit : rina


Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH