Seru dan Berfaedah, 4 Kebiasaan Ini Dapat Meningkatkan IQ Tingkatkan IQ kamu segera (Foto: Pexels/Pixabay)

PERNAH mendapatkan nilai yang tidak memuaskan saat tes IQ? Jangan khawatir, kamu bisa mengulangi tes tersebut dengan nilai IQ yang lebih baik. Berdasarkan sains, IQ seseorang bisa meningkat dalam 30 hari atau kurang.

Menurut penelitian, Kecerdasan Intelektual (intelligence quotient/IQ) adalah kesanggupan seseorang untuk menyesuaikan diri pada hal-hal baru dengan menggunakan kemampuan berpikirnya untuk tujuan yang ingin dicapai.

Baca juga:

Mengapa Orang Pintar Mengalami Kesulitan dalam Urusan Percintaan?

Kemampuan kognitif atau intelektual diperlukan untuk memperoleh pengetahuan. Pengetahuan tersebut digunakan dengan cara yang baik untuk memecahkan masalah dengan tujuan yang terstruktur.

Penelitian menunjukkan ada beberapa kebiasaan yang mengembangkan keterampilan manusia dan meningkatkan IQ. Kebiasaan ini juga sangat seru dan berfaedah untuk dilakukan, misalnya:

1. Bermain catur

Bermain catur selama 14 minggu meningkatkan IQ secara signifikan (Foto: Pixabay/jarmoluk)

Gim yang memerlukan konsentrasi dan strategi ini dapat mengembangkan kemampuan kamu dalam memecahkan masalah, meningkatkan konsentrasi, dan merangsang kedua sisi otak. Semua itu membantu memperkuat corpus callosum kamu.

Corpus callosum merupakan traktus yang menghubungkan otak kanan dan kiri. Para ahli berteori alasan mengapa Albert Einstein begitu cemerlang adalah karena otaknya sangat berkembang dengan baik. Dia dapat mengakses seluruh otaknya secara bersamaan.

Menurut sebuah studi di Venezuela, anak-anak yang mengikuti kelas catur selama 14 minggu akan meningkatkan IQnya secara signifikan. Studi lain dari Flinders University di Australia tahun 2003 memiliki kesimpulan yang sama, terdapat peningkatan IQ pada orang yang bermain catur.

2. Belajar bahasa baru

Tingkatkan IQ kamu dengan belajar bahasa baru selama 10 menit per hari (Foto: Pixabay/Tumisu)

Menurut ilmu saraf, belajar bahasa baru membuat otak kamu tumbuh karena kamu menavigasi seperangkat aturan baru yang kompleks. Hal tersebut memaksa penebalan kortikal dan meningkatkan volume hippocampus kamu.

Sederhananya, hal tersebut menyebabkan pusat-pusat bahasa di otak meluas yang pada akhirnya membantu kamu dalam bernegosiasi, membaca, dan memecahkan masalah dengan menggunakan bahasa yang baru dipelajari itu. Tak perlu sulit-sulit, cukup belajar bahasa baru minimal 10 menit dalam sehari.

Baca juga:

Orang Cerdas Cenderung Keren, Penelitian: IQ Tinggi Bikin Awet Muda

3. Konsumsi creatine

Tidak hanya untuk otot, creatine juga bermanfaat untuk peningkatan IQ (Foto: Pixabay/qimono).

Tidak hanya bermanfaat untuk otot, creatine juga bermanfaat untuk meningkatkan IQ. Penelitian dari University of Sydney menunjukkan jika kamu mengonsumsi 5 gram creatine setiap hari, IQ akan meningkat sebanyak 15 poin penuh selama periode enam minggu.

Seperti yang dikatakan pemimpin studi, Caroline Rae, creatine memberi dorongan signifikan pada kekuatan otak karena mengangkat tingkat energi yang tersedia untuk perhitungan di otak Anda.

4. Bermeditasi

Mediasi 20 menit dapat meningkatkan IQ kamu (Pixabay/truthseeker08)

Banyak penelitian mengungkapkan bermeditasi selama 20 menit sehari dapat meningkatkan IQ. Bermeditasi tidak hanya meningkatkan suasana hati dan menurunkan tingkat stres, tapi juga meningkatkan efisiensi dalam hal pemrosesan kognitif yang mendalam. Hal itu yang membuat kecerdasan kamu mengalir dan juga membuat kamu lebih inovatif. Daripada kamu stalking mantan selama 20 menit, lebih baik gunakan waktu tersebut untuk meningkatkan kecerdasan kamu dengan bermeditasi.

Yuk tingkatkan nilai IQ kamu sahabat Merah Putih! (arb)

Baca juga:

Siapa Sangka, Pria yang Hobi Selingkuh Punya IQ Jongkok


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH