Seru! 5 Festival Unik di Eropa

Dwi AstariniDwi Astarini - Minggu, 20 Oktober 2019
Seru! 5 Festival Unik di Eropa
Walpurgis Night di Jerman. (Foto: ibtimes)

SEJUMLAH kota di Eropa punya festival unik. Setiap tahun, ribuan orang dari berbagai negara hadir untuk merasakan keseruan di festival itu.

Berikut lima festival unik yang ada di Eropa.

BACA JUGA: Viral! Bar di Jepang yang Melarang Datang dengan Teman

1. Walpurgis Night di Jerman

walpurgis night
Orang-orang datang mengenakan kostum. (foto: Instagram @hexentanzplatz_walpurgis)

Para penyihir diduga berkumpul di Harz sejak pertengahan abad ke-17 untuk menyalakan api dan berpesta bersama para setan. Acara yang digelar setiap 30 April ini masih menarik ribuan pengunjung yang menyebar di 20 lokasi di sekitar Gunung Brocken. Titik fokus festival ini ialah Hexentanzplatz (lantai dansa para penyihir) di Pegunungan Harz, tempat suku-suku kuno Jerman diduga melakukan ritus pemujaan.

2. Cheese Rolling di Gloucestershire, Inggris

cheese rolling

Para peserta memburu keju dalam festival Cheese Rolling. (foto: Instagram @world1440)

Di Gloucestershire, Inggris, gelondongan keju Double Gloucester digulingkan dari Cooper Hill untuk kemudian menjadi diburu para peserta festival. Terlihat mudah, tapi ternyata tidak. Kecepatan berguling keju yang mencapai 110 km per jam membuatnya hampir mustahil untuk ditangkap. Meskipun demikian, orang pertama yang tiba garis finis di bagian bawah bukit akan menjadi pemenang. Gelondongan keju jadi hadiah bagi sang pemenang.

3. La Fete du Citron di Menton, Prancis

la fete du Citron

Patung dibuat dari jeruk di festival La Fete du Citron. (foto: Youtube)

Setiap tahun di bulan Februari, sebuah festival spektakuler digelar turun temurun di Menton, Cote d'Azur. Lebih dari 100 ton buah jeruk digunakan untuk membuat patung raksasa, bahkan replika bangunan. Pada hari Minggu pada rangkaian festival itu, sebuah karnaval digelar digelar. Festival ini dimulai pada 1929, ketika Menton merupakan produsen terbesar jeruk di Eropa.

4. Highland Games di Skotlandia

Festival ini menampilkan lempar kayu, lempar batu , dan bermain bagpipe. Tentunya para peserta permainan harus berpakaian tradisional kilt tartan. Festival ini bermula dari permainan persaingan di antara para anggota klan Highland. Kini, ajang ini menjadi festival paling terkenal Braemar, sebuah desa di Skotlandia. Festival yang digelar pada Sabtu pertama bulan September ini bahkan dihadiri sang ratu.

5. Kejuaraan Dunia Air Guitar di Oululu, Finlandia

air guitar festival

Festival Air Guitar memikat banyak pengunjung. (foto: atlas obscura)

Siapa bilang kamu membutuhkan sebuah gitar untuk memainkan musik rock? Sejak dimulai pada 1996, festival air guitar di Oululu ini telah menarik ribuan pengunjung setiap tahun. Para peserta diharuskan bergaya seatraktif mungkin, layaknya ketika sedang memainkan sebuah gitar. Setiap peserta memiliki satu menit untuk memukau para juri dengan penampilan mereka. Para pemenang dinilai berdasarkan aksi panggung mereka dan tentunya keterampilan gerakan jari. Selain itu, mereka juga harus tampil unik untuk membuat kesan.(dwi)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan