Seru, 3 Acara Rayakan Hari Tari Internasional

Dwi AstariniDwi Astarini - Sabtu, 29 April 2023
Seru, 3 Acara Rayakan Hari Tari Internasional
Tiga kegiatan di Tanah Air meriahkan Hari Tari Internasional. (foto: youtube_Joged Official)

HARI Tari Internasional jadi momen yang istimewa bagi pencinta tari di seluruh dunia. Di Indonesia, negara yang kaya akan warisan budaya termasuk tariannya, ada beberapa acara tari yang bisa kamu ikuti untuk merasakan semangat Hari Tari Internasional ini, berikut rangkumannya.

BACA JUGA:


1. Naluriku Menari, Denpasar, Bali


Gedung Dharma Negara Alaya dan Areal Taman Kota Lumintang, Denpasar, Bali, Sabtu (29/4) pukul 15.00 semarak dengan ratusan penari. Inilah perayaan Hari Tari Internasional yang digelar Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Pariwisata yang berkolaborasi dengan Komunitas Naluri Manca.


Menurut situs Pemerintah Kota Denpasar, kegiatan Naluri Menari ini digelar guna meningkatkan kreativitas, sekaligus mendukung perayaan Hari Tari Internasional. Pemerintah Kota Denpasar, dalam keterangan resmi, menyebut acara ini digelar penunjang sebagai subsektor ekonomi kreatif seni pertunjukan dalam melestarikan dan membangkitkan, serta memfasilitasi dengan memberikan ruang-ruang kreatif kepada seluruh genre tari dari berbagai kalangan seni tari seluruh Indonesia.


2. Solo Menari 2023

Mulai pukul 07.00 hingga 24.00, pada 29 April 2003, Kota Solo diramaikan pertunjukan tari. Ada enam ruang publik di Kota Solo yang jadi lokasi penampilan tari, yakni Koridor Ngarsopuro, Pasar Gede Hardjonagoro, Kampung Wisata Batik Kauman, Paragon Mall, Plaza Balaikota Surakarta, dan Koridor Gatsu. Acara Solo Menari 2023 menampilkan pertunjukan tari karya koreografer nasional maupun internasional.


“Solo Menari 2023 mengajak kita semua untuk bergerak dalam irama, menyatu di ruang-ruang kotanya bagai ekspresi pembebasan diri, mengisi pasar tradisional hingga mal, jalan raya hingga selasar,” bunyi keterangan resmi acara yang tertera pada akun media sosial Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Membawa pesan 'tubuh hanya perangkat, jiwalah yang membuatnya hidup', acara Solo Menari 2023 kabarnya mengangkat beragam jenis tarian, mulai dari tari Bedayan hingga hip-hop.


3. Jogja Joged 2023


Acara yang diselenggarakan Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta ini akan diramaikan 350 penari lintas generasi, baik dari seluruh daerah di Yogyakarta maupun mancanegara.


Pada acara puncaknya, Jogja Joged 2023 akan dibuka dengan Sarasehan Ngomong Joged dari Tari Menyapa Dunia. Agenda Sarasehan itu berlangsung di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta (TBY) pada Jumat (28/4) dan diisi nama-nama besar seperti RM Pramutomo, Bambang Paningron, dan Didik Nini Thowok.


Jogja Joged akan mengangkat kesenian rakyat Kulonprogo, yakni tari Angguk. Pergelaran tari ini dilaksanakan di Taman Budaya Kulonprogo pada Sabtu (29/4) pukul 12.00-22.00 WIB.


Semua masyarakat dapat menikmati rangkaian sarasehan dan pergelaran tersebut secara gratis. Acara ini juga dapat disaksikan secara daring melalui kanal Youtube Tasteofjogja dan Joged Official.(dsh)

#Seni Tari #Hari Tari Sedunia
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan