Seru, 108 Barista Adu Kreativitas Seduh Kopi di Battle of Brewers!

Rina GarminaRina Garmina - Sabtu, 02 Desember 2017
Seru, 108 Barista Adu Kreativitas Seduh Kopi di Battle of Brewers!
Battle of Brewers. (Foto: MP/@ikhsandigdo)

HARI yang ditunggu-tunggu barista telah tiba. Bertempat di Clique Kitchen and Bar, Gading Serpong, Tangerang Selatan, ABCD School of Coffee menggelar Battle of Brewers (BoB).

"BoB ini kompetisi manual brew yang dibuat ABCD. Cuma tahu ini kami, Ngesselin (NGopi Enak sErpong menggeLINjang) yang organized," terang Reyner Oswald dari Spotten yang juga menjadi juri kompetisi.

Sebanyak 108 peserta mengikuti kompetisi ini. Tampak antusiasme terlihat dari mereka. Sejak pendaftaran ulang dimulai, antrean sudah memenuhi ruang kompetisi ini.

Menurut Reyner kompetisi ini bukanlah sekadar persaingan antara peserta. Kompetisi ini tidak lain dan tidak bukan dihelat sebagai acara yang bisa menghibur setiap orang. "Ini sebenarnya totally buat fun," tambahnya.

Pada kompetisi yang diselenggarakan kedua kalinya ini, para peserta diundi untuk menentukan alat brewer yang mereka gunakan. Terdapat tiga alat brewer, yaitu V60, Kalita, dan Chemex.

Seluruh peserta dibagi menjadi tiga kelompok. Kopi diseduh menggunakan alat brewing yang telah ditentukan saat pengundian. Dari empat peserta yang maju pada setiap sesi, satu peserta berhak maju ke babak selanjutnya. Kemudian dilakukan pengundian lagi untuk menentukan alat brewer yang dipakai di babak berikutnya.

"Kita nyari yangg juaranya itu mengerti semua alat," kata Reyner.

Setiap sesi brewing peserta akan diberi waktu empat menit untuk melakukan persiapan. Selanjutnya selama delapan menit mereka akan adu ketangkasan menyeduh kopi. Hasil penyeduhan akan dinilai oleh tiga juri yang akan menentukan peserta yang berhak melanjutkan.

Pada babak final besok hanya akan ada tiga peserta yang bertahan. Satu orang pemenang berhak mendapatkan hadiah tunai sebesar Rp 10 juta rupiah. Jika pemenang berasal dari luar kota, pihak penyelenggara juga akan mengganti semua ongkos yang dikeluarkan peserta. (Ikh)

Dapatkan pula tips coffee cupping pada artikel Stop Pegang Cangkir Saat Mencium Aroma Kopi!

#ABCD School Of Coffee #Kopi #Kompetisi Kopi #Battle Of Brewers
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan