Sering Tertawa Bisa Memperpanjang Umur Tertawa bisa membuatmu panjang umur (Foto: pixabay/stocksnap)

TERTAWA mungkin dikenal dengan sebagai hal yang sepele. Padahal tertawa memiliki segunang manfaat gengs, salah satunya bisa memperpanjang umur kamu.

Menurut beberapa peneliti, orang yang tertawa setiap hari akan mempunyai pandangan positif pada kehidupan. Hal itu berdampak pada umur kamu akan lebih panjang.

Baca Juga:

Sering Lupa? Tingkatkan Daya Ingatmu Dengan 5 Cara Asyik Ini

Seperti yang diungkapkan para ilmuwan di University of Illinois. Jika hati memiliki suasan positif, hal itu bisa mengurangi hormon stres serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu, berikut ini adalah berbagai manfaat positif dari tertawa yang jarang diketahui, seperti yang dilansir dari laman Go Dok.

1. Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Tertawa bisa membuat sistem daya tahan tubuh kamu meningkat (Foto: pixabay/lazare)

Menurut studi yang dilakukan oleh Lee Berk, DrPH, MPH, seorang psychoneuroimmunologist dari Loma Linda Unversity, California, tertawa riang bisa meningkatkan hormon pertumbuhan. Ia juga bisa membantu tubuh dalam mengoptimalkan sistem imun hingga 87%. Karena itu, tertawa bisa membuat daya tahan tubuh kamu meningkat.

2. Meredakan Stres

Tertawa bisa meredakan stress (Foto: pixabay/danatentis)

Buat kamu yang kerap merasa stres dan penat dengan aktivitas sehari-hari, perbanyaklah tertawa. Sebab, hal itu bisa meningkatkan hormon endorphin yang otomatis membuat kamu bisa merasa lebih senang dan nyaman.

Terkait hal itu, Dr. Michael Miller MD, F.A.C.C., F.A.H.A. dari University of Maryland, mengatakan jika tertawa saat menonton film komedi, bisa memengaruhi kontraksi endotelium. Hingga produksi hormon penyebab stres akan berkurang.

Hal itu juga sejalan dengan apa yang ditemukan pada sebuah penelitian terbaru di Indiana State University. Dalam penelitian itu menyebutkan, bahwa tertawa bisa membantu meningkatkan umur pasien penderita kanker maupun HIV. Karena hormon yang menyebabkan stres pada pasien akan menurun produksinya.

Baca Juga:

Awas! Penggunaan Ponsel Berlebih Bisa Berpengaruh Buruk Pada Postur Tubuh

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Tertawa bisa turunkan risiko penyakit jantung (Foto: pixabay/geralt)

Bagi kamu yang merasa khawatir akan kesehatan jantung, mulailah banyak tertawa. Karena penelitian yang dilakukan di University of Maryland, menemukan jika tertawa bisa membuat jaring yang membentuk pembuluh darah meluas, hingga aliran darah pun berjalan lebih baik.

Dengan kata lain, tertawa bisa meningkatkan sirkulasi aliran darah serta oksigen ke seluruh tubuh kamu, khususnya ke bagian jantung. Hal itulah yang kemudian bisa menurunkan risiko kamu terkena penyakit jantung.

4. Paru-Paru Menjadi Sehat

Paru-Paru kamu akan lebih sehat jika sering tertawa (Foto: pixabay/pexels)

Selain bagus untuk kesehatan jantung, tertawa rupanya baik juga untuk menyehatkan paru-paru. Karena ketika kamu tertawa, otot yang berada pada bawah rongga dada, yang berfungsi untuk membantu membuang dan mengisi paru-paru kamu dengan oksigen, akan menguat.

Jadi, tanpa kamu sadari, saat tertawa kamu juga meregangkan paru-paru sekaligus menghidupkan kembali tubuh dari beberapa hal yang membuatnya tegang. Hasilnya ialah sistem pernapasan kamu akan kembali segar.

5. Membuat Tenang dan Rileks

Tertawa akan membuatmu lebih tenang dan rileks (Foto: pixabay/pexels)

Saat emosi kamu telah memuncak, pikiran kamu lantas dirasuki dengan hal-hal yang negatif. Hingga tak jarang kamu lantas melakukan sesuatu yang tak terkontrol. Guna mengatasinya, cobalah tertawa lepas atau buat diri kamu tertawa.

Caranya bisa dengan menonton tayangan komedi ataupun bercanda dengan teman ataupun keluarga. Dalam dunia medis juga ada yang dinamakan terapi tertawa. Dimana terapi itu untuk mengajari kamu tertawa keras setiap kali merasa marah dan emosi.

Melihat berbagai manfaat kesehatan yang bisa kamu lakukan hanya dengan tertawa, apakah kamu ingin terus tertawa? Kendati umur tetap saja di tangan Tuhan, namun tak ada salahnya jika kamu mulai tertawa, agar tubuhmu selalu terhindar dari berbagai penyakit. (Ryn)

Baca Juga:

Pernah Merinding Saat Mendengar Lagu? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH