Sering Temukan TKI Telantar, Dedi Usulkan Dubes Indonesia Tempatkan Petugas di Bandara Anggota DPR Dedi Mulyadi bersama dua orang WNI yang bekerja di Bandara Dubai Made dan Riko. (Foto: FB/Kang Dedi Mulyadi)

MerahPutih.com - Anggota DPR Dedi Mulyadi mengusulkan agar kedutaan besar Indonesia menempatkan petugas di bandara-bandara yang menjadi tempat potensi keberangkatan atau transit tenaga kerja Indonesia (TKI). Seperti Bandara di Malaysia, Dubai, Arab Saudi dan lainnya.

Hal itu dilakukan agar kejadian telantarnya TKI asal Labuan Bajo, NTT Ahmad Yani di Bandara Dubai karena terpisah dari rombongan tak terulang kembali di kemudian hari.

Baca Juga:

TKI Meninggal Pas Antre Paspor, DPR Tegur KBRI KL Evaluasi Sistem

"Saya usulkan setiap hari ada petugas untuk monitor dan keliling di bandara untuk membantu jika ada TKI yang mengalami kesulitan," kata Dedi melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (14/12).

Dedi Mulyadi (kanan) bersama Ahmad Yani di Bandara Dubai. (Foto: MP/Istimewa)
Dedi Mulyadi (kanan) bersama Ahmad Yani di Bandara Dubai. (Foto: MP/Istimewa)

Dedi mengaku heran setiap pergi ke luar negeri, ia kerap menemukan ada TKI bermasalah. Sebelumnya, ketika dari Malaysia, ia juga menemukan TKI yang kabur dari majikannya dan telantar di Bandara Malaysia.

Ia juga mengaku pernah membantu TKI bermasalah dari Afrika saat berada di Dubai. Kini, ia menemukan Ahmad Yani, pekerja perkapalan asal Labuan Bajo yang sedang kebingungan.

"Saya punya feeling bahwa saya pasti menemukan peristiwa seperti ini. Setiap pergi ke luar negeri, saya selalu temukan problem TKI," papar Dedi.

Dedi mengatakan, terpenting dari peristiwa itu ada pelajaran yang bisa dipetik. Yakni bahwa Indonesia, terutama perwakilannya di luar negeri, harus benar-benar memperhatikan TKI.

Baca Juga:

PKS: TKI yang dikirim ke Luar Negeri Harus 'Skilled Workers'

Seperti diketahui, anggota DPR Dedi Mulyadi seorang TKI asal Labuan Bajo, NTT bernama Ahmad Yani yang telantar di Bandara Dubai, Jumat (13/12) kemarin karena terpisah dari rombongan Agen.

Ketua TKD Jokowi-Ma'ruf Jawa Barat, Dedi Mulyadi (MP/Mauritz)
Anggota DPR Dedi Mulyadi (Foto: MP/Mauritz)

Dedi pun berinisiatif mengunggah foto dirinya bersama Ahmad Yani di akun Facebook-nya dengan tambahan narasi bahwa dirinya bertemu seorang pria bernama Ahmad Yani pada pukul 08.45 waktu Dubai.

Diharapkan Dedi postingannya tersebut dapat dibaca oleh agen yang membawa Ahmad Yani. Benar saja postingan Dedi itu dibaca Lily. Ia pun langsung mencari Ahmad Yani yang masih berada di Bandara Dubai.

Atas kegigihan dan bantuan petugas Ahmad Yani ditemukan oleh Agen Lily. (Asp)

Baca Juga:

TKI Pimpin Upacara HUT Ke-74 RI di Kuching Malaysia


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH