hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-1
Sering Pilek Setelah Naik Pesawat? Cara Sederhana Ini Dapat Mencegahnya Banyak penumpang pesawat yang terkena pilek (Foto: Unsplash/Gus Ruballo)
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-2
hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-7

TERNYATA banyak penumpang pesawat yang terserang pilek setelah terbang. Penelitian yang dikutip dari The Wall Street menyebutkan naik pesawat meningkatkan risiko terkena flu sebesar 20%. Sementara studi lain yang dilakukan oleh Journal of Environmental Health Research menemukan bahwa tertular pilek di pesawat memiliki kemungkinan hingga 113 kali lipat.

Ada penyebab kenapa penumpang pesawat rentan terkena pilek. Sebuah studi mengungkapkan bahwa penyebab pilek dikarenakan kelembapan di kabin pesawat yang begitu rendah. Sehingga, penularan penyakit pilek akan mudah terjadi.

Baca juga:

Supaya Penerbangan Nyaman, Jangan Pakai Ini di dalam Pesawat

Meski siapapun rentan terkena pilek karena naik pesawat, ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencegahnya. Usai naik pesawat, cobalah lakukan empat hal menurut laman Smarter Travel ini.

1. Tetap terhidrasi dengan air putih

Hindari mengonsumsi kopi dan soda saat terbang (Foto: Unsplash/Benjamin Voros)

Banyak minum air putih tak hanya menghilangkan rasa haus, tapi bisa meningkatkan kekebalan tubuhmu. Perbanyaklah minum air saat melakukan penerbangan. Jangan minum banyak air sekaligus dalam satu waktu. Cukup rutin meminum air sedikit demi sedikit selama penerbangan berlangsung. Hindari mengonsumsi minuman seperti kopi dan soda, itu hanya akan membuatmu dehidrasi.

2. Jaga tangan tetap bersih

Jaga tangan tetap bersih (Foto: Unsplash/Curology)

Para ilmuwan melaporkan kuman atau bakteri penyebab pilek dapat hidup berjam-jam di kulit manusia. Oleh karena itu, jaga tanganmu tetap bersih dengan mencucinya. Cuci tangan sebelum makan di pesawat. Begitu pula saat selesai melakukan penerbangan, cuci kembali tanganmu sebelum melakukan aktivitas lainnya di bandara.

Baca juga:

Jangan Pakai 'High Heels' dan Lensa Kontak di Pesawat

3. Jaga kebersihan mulut

Jaga mulut tetap bersih (Foto: Unsplash/Marco Albuquerque)

Sama dengan tangan, kamu harus menjaga mulutmu tetap bersih di dalam pesawat. Bukan, kamu tidak perlu menyikat gigi. Cukup berkumur menggunakan obat kumur untuk menjaga tenggorokanmu tetap lembap. Mulut yang bersih dapat mencegah penularan kuman.

4. Konsumsi vitamin C sebelum terbang

Konsumsi Vitamin C dua hari sebelum terbang Foto: Unsplash/pina messina)

Banyak penumpang pesawat meremehkan cara ini karena merasa tidak ada efeknya. Padahal sebenarnya ada, mengonsumsi Vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuhmu. Selama penerbangan tubuh kamu pun akan terasa lebih bugar dari biasanya. Agar efeknya maksimal, mulailah konsumsi Vitamin C dua hari sebelum menjalani penerbangan.

Sahabat Merah Putih, jaga tubuhmu tetap sehat ya! (ikh)

Baca juga:

Pesawat dan Bandara Sarangnya Bakteri?

Kredit : digdo

hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-3
Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-4
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-5