Kesehatan

Sering Pakai Stiletto Bisa Berakibat Buruk Bagi Kesehatan

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Kamis, 01 November 2018
Sering Pakai Stiletto Bisa Berakibat Buruk Bagi Kesehatan
Penggunaan sepatu stiletto dapat berampak buruk bagi kesehatan (Foto: Pixabay/freephotos)

MEMAKAI stiletto atau sepatu hak tinggi dengan ujung hak lancip mungkin akan membuatmu tampil anggun dan mempesona. Sayangnya ternyata dapat berdampak buruk bagi kesehatan, khususnya kesehatan tulang.

Pemakaian sepatu hak tinggi dapat menyebabkan bahaya kesehatan seperti artritis degeneratif atau yang disebut juga osteoartritis. Menurut Uma Kumar, HOD, Rheumatology dari All India Institute of Medical Science (AIIMS), mengenakan sepatu hak tinggi setiap hari selama berjam-jam dapat menimbulkan kerusakan kumulatif tulang. Ini muncul sebagai penyebab utama radang sendi.

Penggunaan sepatu stiletto atau hak tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada sendi (Foto: Pixabay/pexels)

Osteoarthritis merupakan salah satu kondisi kronis yang disebabkan oleh kerusakan sendi. Tulang rawan rusak, hal ini menyebabkan tulang di dalam bergesekan. Hal ini mengarah pada rasa sakit, kekakuan dan masalah yang lainnya para persendian.

"Perempuan, khususnya yang berusia di bawah 40 tahun yang datang ke AIIMS dengan masalah nyeri yang disebabkan karena penggunaan sepatu hak tinggi. Jika diabaikan, hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah. Mungkin memerlukan operasi untuk penyembuhannya," jelas Uma Kumar seperti yang dilansir dari laman indian express.

Selain itu, sepatu hak tinggi juga menyebabkan distribusi berat yang tak merata pada tulang kaki. Kemudian mengekspos daerah-daerah pada sendi menanggung berat yang tak dirancang untuk itu.

Alhasil kondisi kaki yang sangat menyakitkan seperti halnya bunions dan meta-tarsalgias atau disebut juga nyeri kaki depan.

"Mengenakan sepatu hak tinggi menghasilkan tekanan pada lutut dan jari kaki. Mereka mulai sakit jika sepatu dipakai terlalu lama. Otot betis juga ditekankan terus menerus," tambah Kumar.

Para remaja tak disarankan menggunakan stiletto atau high heels (Foto: Pixabay/uwekern)

Selain dapat menyebabkan radang sendi, sepatu hak tinggi pun bisa meningkatkan risiko tarikan syaraf, nyeri punggung, nyeri pinggang dan nyeri lutut. Termasuk nyeri pada persendian, kekakuan kaki selama 30 menit dan pembengkakan pada kaki serta punggung. Maka dari itu lebih disarankan utnuk menggunakan wedges atau flat shoes.

Kumar pun menyarankan penggunaan sepatu hak tinggi harus dihindari oleh para gadis remaja. Karena akan mempengaruhi postur tubuh mereka di usia dini dan dapat menyebabkan rasa sakit kronis nantinya. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Usia Paling Aman Hadiahi Anak Smartphone Versi Bill Gates

#Sepatu Hak Tinggi #Tips Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan