Sering Merasa Takut Mandi? Mungkin Kamu Mengidap Ablutophobia Ada orang yang takut untuk mandi. (foto: pixabay/rudyandersen)

RASA takut akan sesuatu hal banyak macamnya. Fobia ketinggian, ruang sempit, atau takut akan gelap bisa jadi yang paling banyak kamu dengar. Pernahkah kamu mendengar ada orang yang takut mandi?

Ablutophobia namanya. Rasa takut yang satu ini membuat seseorang takut untuk mandi, mencuci kaki, atau membersihkan diri. Siapa pun bisa mengalami kondisi ini. Penderita ablutophobia secara sadar mengetahui bahwa ketakutan mereka tidak masuk akal. Meskipun demikian, mereka amat sulit mengatasinya. Itulah mengapa mereka akan berusaha sekuat tenaga menghindari hal-hal yang membuat mereka takut, seperti air, sabun, bahkan kamar mandi.

Seperti halnya fobia lainnya, penderita ablutophobia juga menunjukkan gejala-gejala seperti kepanikan, berkeringat, jantung berdetak cepat, sulit bernapas, hingga menghindari mandi dan mencuci. Biasanya gejala itu akan terlihat jelas saat penderita dihadapkan dengan air, sabun, dan kamar mandi. Bahkan hanya membayangkan mandi atau mencuci wajah saja, orang dengan ablutophobia bisa mengalami gejala-gejala tersebut.

Bahkan melihat sabun saja sudah ketakutan. (foto: pixabay/ritual)

Beberapa hal bisa memicu seseorang menderita ablutophobia, seperti pengalaman traumatis yang melibatkan mandi atau mencuci. Selain itu, jika salah satu orangtua mengalami ablutophobia, anak berisiko mengidap hal yang sama. Perubahan fungsi otak akibat cedera atau usia yang bertambah juga bisa memunculkan ablutophobia.

Pengalaman mandi yang traumatis memicu ablutophobia. (foto: pixabay/skimpton007)

Karena menolak untuk mandi dan membersihkan diri, pengidap ablutophobia rentan menjadi korban perundungan. Terlebih, tidak membersihkan diri dalam jangka waktu yang cukup lama membuat mereka rentan terjangkit penyakit akibat virus ataupun bakteri.

Ablutophobia bisa diatasi dengan penannganan kejiwaan berupa psikoterapi. Obat-obatan biasanya digunakan sebagai pengobatan jangka pendek bersama psikoterapi.

Apakah kamu termasuk yang takut mandi?(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH