Kesehatan

Sering Merasa Kosong dan Hampa Dalam Diri? Segera Cari Tahu Penyebabnya!

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Minggu, 28 April 2019
Sering Merasa Kosong dan Hampa Dalam Diri? Segera Cari Tahu Penyebabnya!
Setiap orang pernah merasakan hampa dalam dirinya (Foto: pixabay/harutmovsisyan)

APAKAH kamu pernah merasa hampa? Kehampaan merupakan hal yang menakutkan dan membuatmu bertanya-tanya, apa penyebabnya? Kekosongan di dalam diri atau hampa dapat membuatmu terlihat tidak berdaya, dan seolah tidak ada yang bisa kamu lakukan untuk bisa menghilangkan rasa tidak nyaman itu.

Jika kamu sedang merasakan kekosongan dalam diri kamu, beberapa informasi dari Sarah Fader, seorang penulis buku, pembicara, advokat kesehatan mental, serta CEO Stigma Fighters, mungkin bisa membantu kamu lebih memahami hal ini dan bisa segera mengatasinya.

1. Apa sebenarnya rasa hampa itu?

Sering Merasa Kosong dan Hampa Dalam Diri? Segera Cari Tahu Penyebabnya!
Apakah makna dari kekosongan dalam hatimu (Foto pixabay/sasint)

Ini mungkin terdengar aneh, namun sebagian orang mengatakan bahwa kehampaan merupakan sesuatu perasaan yang bisa kamu rasakan secara fisik. Kamu bisa merasakan rasa kosong di dalam dada, atau kamu kerap kali merasakan lelah dan lesu.

Kamu akan merasakan bosan setiap waktu dan berfikir bahwa tidak ada lagi hal yang penting, dan segala hal seolah seperti mati rasa. Kamu bisa saja merasakan keputusasaan yang tidak bisa kamu jelaskan.

2. Apa penyebab terjadinya rasa hampa dalam diri?

kehampaan hati, kehampaan hidup, penyebab hati hampa, cara menghilangkan kehampaan, kekosongan diri, sering merasa kosong, sering merasa hampa, hati terasa kosong
Hanya kamu yang bisa mencari tahu penyebab kehampaan tersebut. (Foto pixabay/pexels)

Kekosongan yang kamu rasakan bisa membuamu tidak seperti biasanya. Namun, dikatakan bahwa faktor eksternal bukanlah penyebabnya.

Rasa hampa tidak ditentukan dari kehadiran uang, hubungan yang sukses, atau karir yang cemerlang. Terkadang, orang yang sukses dalam segala aspek juga kerap merasakan kehampaan di dalam diri mereka.

Sesungguhnya kekosongan itu berhubungan dengan kondisi internal dalam diri, sehingga untuk memerangi kekosongan tersebut kamu harus mengetahui apa sumber masalahnya.

Makna merupakan hal yang penting dalam hidup kita, itu sebabnya banyak orang yang mempelajari filosofi untuk mengetahui tujuan dari hidup mereka. Setiap kita tentu memiliki makna hidup yang berbeda-beda.

Biasanya, salah satu penyebab terbesar terjadinya kehampaan adalah ketika kamu selalu membanding-bandingkan kehidupanmu dengan orang lain. Kamu memikirkan tentang apa yang mereka miliki sedangkan kamu tidak memilikinya. Namun sesungguhnya, bisa jadi bahwa mereka juga merasakan kehampaan di dalam diri mereka.

Kekosongan juga bisa terjadi jika kamu telah kehilangan sesuatu dalam hidup. Kamu memiliki suatu pandangan yang menurut kamu baik mengenai kehidupan, tetapi kamu belum mencapainya sehingga kamu merasa kosong.

Tujuan hidup seringkali berubah, dan terkadang kamu harus mengevaluasi dan mengatur ulang rencana kamu. Jangan terlalu keras terhadap dirimu sendiri. Tujuan hidup termasuk pada hubungan percintaan, hubungan keluarga, pertemanan, dan juga pekerjaan dan kesehatan.

3. Bagaimana cara mengisi kekosongan dalam diri?

kehampaan hati, kehampaan hidup, penyebab hati hampa, cara menghilangkan kehampaan, kekosongan diri, sering merasa kosong, sering merasa hampa, hati terasa kosong
Mulailah membuat tujuan hidup baru dan cintai dirimu sendiri. (Foto: pixabay/Olichel)

Sesungguhnya tidak ada jawaban yang pasti untuk ini, karena hal ini dirasakan berbeda-beda setiap orang. Kamu harus bisa menyadari darimana kekosongan tersebut datang.

Kamu bisa meraih pemahaman sumber masalah ini lewat meditasi, menulis jurnal, menjauhi hal yang menyangkut elektronik, atau bekerja. Mungkin hal tersebut bisa berangkat dari pertanyaan-pertanyaan untuk diri sendiri seperti, apa yang membuatmu nyaman? Apa yang tidak kamu sukai, atau apa yang kamu sukai?

Jika kamu menemukan dirimu mengkonsumsi makanan, minuman beralkohol, obat terlarang, menggunakan media sosial dan menonton tv secara berlebihan. Bahkan sampai menghamburkan uang untuk meraih kenyamanan, maka kamu sedang menghindar dari masalah yang sesungguhnya. Tidak ada makna yang bisa diberikan dari segala kenyamanan sementara yang kamu bisa dapatkan.

Membangun hubungan sosial merupakan salah satu aspek yang penting, namun sesungguhnya juga ini bukan menjadi pemecah masalah utama. Terkadang, kamu mencoba untuk mendapatkan cinta dari orang lain untuk mengisi kekosongan dalam hidupmu.

Hubungan percintaan, keluarga, teman memang bisa membantumu mengisi kehampaan, namun sesungguhnya kamu harus mulai untuk mencintai dirimu sendiri terlebih dahulu. Kamu tidak membutuhkan cinta orang lain untuk mengisi kekosongan di dalam hatimu, karena itu akan menimbulkan masalah baru, yaitu ketergantungan.

Suatu hari nanti ketika orang yang berhasil memberikanmu cinta akan pergi, maka kamu akan merasakan kehampaan yang jauh lebih parah. Jadi, mulailah mengatur tujuan hidupmu dan cintai dirimu sendiri. (shn)

#Kesehatan #Kesehatan Mental #Hari Kesehatan Internasional #Tips Kesehatan #Info Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan