Sering Menyalahkan Diri Sendiri? Mungkin Kamu Mengalami Hal Ini Berhentilah menyalahkan diri sendiri. (Foto: Unsplash/Tom Pumford)

EKSPEKTASI tak sesuai realita terkadang membuat kita sering menyalahkan diri sendiri hingga berujung penyesalan. Faktanya, kebiasaan ini justru bisa menimbulkan dampak yang buruk.

Perilaku self-blame merupakan suatu siksaan emosional yang dilakukan seseorang terhadap dirinya sendiri. Jika tidak segera diatasi, perilaku ini bisa merusak psikologis seseorang.

Baca juga:

Manfaat Weighted Blanket untuk Kesehatan Mental

Selain itu, terus-menerus menyalahkan diri sendiri dapat menimbulkan rasa insecure yang dapat menghambat berkembangnya diri sendiri. Dalam kasus lebih parah, kebiasaan ini juga mengakibatkan masalah kesehatan mental.

Mengutip laman Alodokter, ada beberapa alasan mengapa seseorang sering menyalahkan dirinya sendiri, misalnya:

1. Memiliki kepribadian obsesif

Jangan terlalu obsesif. (Foto: Unsplash/Francisco Moreno)

Orang dengan kepribadian obsesif menetapkan standar yang terlalu tinggi dan berusaha untuk melakukan segala hal dengan sempurna dan tertata. Mereka tidak bisa menoleransi suatu kesalahan, bahkan kesalahan kecil sekalipun. Orang dengan kepribadian seperti ini cenderung akan menyalahkan diri sendiri saat tertimpa masalah.

2. Kebiasaan mengkritik diri sendiri

Berhenti mengkritik diri sendiri. (Foto: Unsplash/Kinga Cichewicz)

Mengkritik diri sendiri sebenarnya merupakan hal yang normal demi perkembangan diri seseorang. Namun, jika kamu terlalu sering mengkritik diri sendiri artinya kamu selalu berpikir negatif tentang dirimu. Secara tidak sadar, kamu sedang menjelek-jelekkan, menyalahkan, atau membesar-besarkan kesalahan diri sendiri.

Baca juga:

Memulai Berkebun untuk Mengobati Anxiety

3. Trauma masa lalu

Truma karena masa kecil yang buruk. (Foto: Unsplash/Luis Galvez)

Perilaku sering menyalahkan diri sendiri biasanya terjadi pada orang yang pernah mengalami trauma di masa kecil, misalnya akibat pelecehan seksual.

Karena masih terlalu dini, mereka tidak mengerti motif perlakuan orang lain terhadap dirinya. Pola pikir ini bisa terus berlanjut hingga dewasa, dan berkembang menjadi kebiasaan menyalahkan diri sendiri setiap ada masalah.

4. Depresi

Kondisi perasaan yang buruk menjadi pemicu sering menyalahkan diri sendiri. (Foto: Unsplash/Paola Chaaya)

Pikiran dan perasaan kacau tidak menutup kemungkinan membuat kamu sering menyalahkan diri sendiri. Kondisi ini akan membuat penderitanya merasa tidak percaya diri dan merasa semua masalah yang terjadi disebabkan oleh dirinya.

Jika kamu sering menyalahkan diri sendiri, kamu bisa mengatasinya dengan cara mengakui kesalahan, bukan menyalahkan diri sendiri. Ketika kita mengakui, kita akan menemukan hal-hal apa saja yang harus diperbaiki ke depannya. Dengan sikap ini, kamu akan menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab dan tumbuh dewasa.

Sadari bahwa perasaan diri sendiri juga harus dijaga. Ingat, perasaanmu juga tidak boleh disakiti. Dengan menanamkan hal ini, kebiasaan menyalahkan diri sendiri bisa berangsur-angsur hilang. Terakhir, cobalah selalu berpikir positif di setiap keadaan yang diberikan. (and)

Baca juga:

Suntik Botox Kecantikan Dapat Mengurangi Depresi Secara Signifikan


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH