Sering Menggoyangkan Kaki saat Tidur? Mungkin Kamu Mengalami Hal Ini Pertanda kamu mengalami restless leg syndrome. (Foto: Unsplash/Lucrezia Carnelos)

PERNAHKAH kamu sering menggerak-gerakan kaki atau bagian tubuh lainnya saat sedang bersantai atau tidur? Bisa jadi kamu mengalami restless leg syndrome (RLS). Sindrom merupakan gangguan yang berhubungan dengan gerakan atau sensasi di tubuhmu.

Mengutip laman WebMD, RLS adalah kondisi sistem saraf yang mengalami kelainan dan menyebabkan dorongan kuat untuk menggerakan kaki. Hal ini juga dikenal sebagai penyakit Willis-Ekbom. Para dokter menganggapnya sebagai gangguan tidur karena biasanya terjadi atau semakin parah saat kamu sedang istirahat.

Baca juga:

Sering Menyalahkan Diri Sendiri? Mungkin Kamu Mengalami Hal Ini

RLS juga sudah dialami sebanyak 10 persen warga di AS. Siapapun bisa mengalaminya, namun lebih sering terjadi pada wanita dan pada usia paruh baya. Untuk kasus anak-anak dan remaja terkadang juga ditemukan gangguan serupa. Orang yang memiliki kondisi seperti pernah diamputasi dapat terserang RLS.

Sering Menggoyangkan Kaki saat Tidur? Mungkin Kamu Mengalami Hal Ini
Biasanya dialami mereka yang sudah lanjut usia. (Foto: Unsplash/Ian Noble)

Mereka yang mengalami RLS biasanya merasa kesemutan, menggelitik, rasa panas, gatal, atau rasa tidak nyaman pada bagian kaki.

Untuk mengurangi rasa tidak nyaman, mereka harus menggerakan kaki atau anggota tubuh lainnya yang dirasa terkena gangguan.

Pengidapnya juga akan mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari, serta mengakibatkan kelelahan siang hari karena kualitas tidur yang terganggu. Tingkat keparahan RLS berkisar dari ringan hingga tidak tertahankan.

Baca juga:

Terapkan Pola Makan Alami, Sehatkah Diet Paleo?

Sering Menggoyangkan Kaki saat Tidur? Mungkin Kamu Mengalami Hal Ini
Pengidapnya akan mengalami kesulitan tidur. (Foto: Unsplash/Kinga Cichewicz)

Mengutip laman Hellohsehat, adapun gejala yang dialami seperti dorongan untuk selalu menggerak-gerakan bagian tubuh yang dirasa tidak nyaman.

Selain itu adaya rasa tidak nyaman semakin menjadi di kala sedang beristirahat, duduk dalam waktu lama, berkendara, dan sedang bepergian dengan pesawat.

Menurut penelitian, RLS berkaitan dengan orang yang menderita beberapa penyakit terkait dengan gagal ginjal, kerusakan saraf, diabetes, dan Parkinson.

Peneliti juga mengungkakan bahwa orangtua yang memiliki masalah RLS dapat berpotensi menurunkan gangguan kepada anaknya nanti. Obat-obatan seperti antidepresan, methamin, dan obat mual juga menjadi salah satu penyebabnya.

Sering Menggoyangkan Kaki saat Tidur? Mungkin Kamu Mengalami Hal Ini
Brokoli adalah salah satu makanan yang mengandung zat besi. (Foto: Unsplash/FOODISM360)

Guna mencegahnya, cobalah mengubah pola hidup menjadi lebih baik. Mulai mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, hindari rokok dan alkohol, berjalan-jalan sebentar sebelum tidur, dan pijat bagian tubuh yang terserang. (and)

Baca juga:

Lagi Dibikin, Pil untuk Mengatasi Kesepian



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH