Sering Melamun? Ternyata Ada Manfaatnya Loh!

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Rabu, 04 Maret 2020
Sering Melamun? Ternyata Ada Manfaatnya Loh!
Melamun sering dianggap tak berguna. (Foto: Pexels/Learda Shkurti)

SERING dianggap sebagai kegiatan yang tidak penting, karena minim produktifitas dan tak berguna. Bahkan melamun atau bengong tidak dianggap sebagai sebuah kegatan. Buat kamu yang sering melamun pasti tidak setuju dengan pendapat itu. Ini kesempatan untuk membuktikan pada mereka kalau melamun juga punya manfaat positif, masa sih? Melansir laman Go-Dok, ternyata terdapat beberapa manfaat positif dari melamun yang selama ini mungkin belum diketahui banyak orang.

Baca juga:

Energi Meningkat di Pagi Hari, Harus Dicoba!

Menandakan pikiran yang sehat dan kreatif

Sering Melamun? Ternyata Ada Manfaatnya Lho!
Memiliki memori yang lebih baik. (Foto: pexels/Andrea Piacquadio)

Dipercaya sebagai salah satu tanda orang yang kreatif dan mempunyai memori yang lebih baik. Menurut penelitian dari Psychological Science, mereka yang gemar melamun dapat mengingat lebih baik.

Mereka memiliki sumber ingatan tambahan yang menyebabkan mereka terkadang sulit berkonsentrasi, tapi mengingat lebih baik. Kapasitas ingatan ekstra yang mereka miliki justru menajdi faktor penyebab mereka lebih senang melamun.

Membantu menggapai impian dan meningkatkan kreativitas

Sering Melamun? Ternyata Ada Manfaatnya Lho!
Bayak atlet hebat Olimpiade yang suka melamun (Foto: pexels/The Lazy Artist Gallery)

Saat kamu melamun tentang impian dan hal-hal yang ingin kamu capai, secara tak langsung alam pikiran bawah sadar kamu menjadi yakin kalau kamu akan dapat tercapai.

Rutin membayangkan mimpi bisa membuat kamu bekerja lebih keras untuk menggapainya. Percaya atau tidak, banyak atlet Olimpiade yang memilih cara ini untuk meningkatkan performa mereka.

Selain itu, melamun juga mampu membantu menemukan ide dengan membayangkan hal-hal yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Baca juga:

Yuk Simak, 5 Manfaat Buah Sitrus Bagi Tubuh Kita!

Mengatasi rasa bosan

Sering Melamun? Ternyata Ada Manfaatnya Lho!
Dapat menstimulasi daya pikir. (Foto: pexels/David Fagundes)

Produktivitas saat bekerja bisa menurun, sudah pasti kamu tidak menginginkannya. Jika kamu melakukan suatu pekerjaan yang membosankan, cobalah untuk melamun sebagai cara untuk tetap menstimulasi daya pikir dan imajinasi kamu agar tidak mati termakan rasa bosan.

Meningkatkan produktivitas dan fokus

Sering Melamun? Ternyata Ada Manfaatnya Lho!
Membuat pikiran kembali bersih. (Foto: pexels/Bahaa A. Shawqi)

Secara psikologis dapat meningkatkan produktivitas. Saat kamu mengerjakan banyak hal, terkadang membuat pikiran menjadi mumet tentang hal-hal yang harus dilakukan, sehingga bisa membuat terasa lelah sebelum melakukannya.

Cobalah melamun sejenak tentang hal-hal yang membuat kamu nyaman selama 15 menit jika mengalami hal ini. Cara ini diyakini akan membuat pikiran kembali bersih dan jelas, dan lebih fokus. (Lgi)

Baca juga:

Perhatikan Posisi Tidur Berdampak pada Tubuh kamu Loh!

#Info Kesehatan #Tips Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Leonard

Bagikan