Sering Lupa Bukan Berarti  Pikun Masih muda tapi sering lupa(tanda tanya) Apakah artinya terkena pikun dini(tandatanya) (Foto: Pixabay/qimono)

LUPA memang cukup menyebalkan. Misalnya ketika tak ingat menaruh kunci mobil atau ponsel di mana. Pikun?

Ada juga yang lebih parah, lupa mau bicara apa. Jika mengalami hal seperti itu, beberapa di antara kalian Sahabat Merah Putih pasti langsung panik. Takut kalau terkena penyakit pikun padahal masih muda.

Bagi kamu yang pernah kepikiran hal tersebut, lebih baik tenang dulu. Fenomena lupa mau ngomong apa atau lupa taruh kunci di mana itu ternyata biasa dan lumrah terjadi. Ini karena otak kita memecah informasi dan menyimpannya ke dalam dua kategori, memori jangka pendek dan jangka panjang.

Baca juga:

Tak Harus Gawai, 5 Permainan Lawas Ini Juga Seru Dimainkan Kembali

Suka lupa mau ngomong apa suka bikin panik (Foto: MP/Andrew Septian)
Suka lupa mau ngomong apa suka bikin panik (Foto: MP/Andrew Septian)

Hal-hal yang dirasa tidak terlalu penting di simpan di memori jangka pendek. Memori-memori jangka pendek menurut laman VeryWellMind, hanya disimpan selama 20-30 detik saja. Informasi yang disimpan pun tidak terlalu detil.

Durasi penyimpanan memori ini bisa diperlama jika diulang-ulang. Contohnya ketika kamu ingin menyimpan nomor ponsel seseorang. Kamu biasanya menyebut ulang nomornya sampai kamu mencatatnya. Tapi setelah otakmu merasa informasi tersebut tidak penting, mereka akan menghapusnya.

Baca juga:

Kisah Kenangan Warnet, Pernah 'Ngalamin' yang Mana?

Itu lah alasan kenapa kita sering lupa informasi-informasi kecil yang menurut otak tidak penting. Otak melakukannya supaya dapat mengingat hal-hal lebih penting. Cara kerja ini sama seperti memori ponsel kita yang seharusnya sering dibersihkan agar dapat berjalan dengan baik.

Jangan takut pikun selama informasi yang dilupa bukan hal penting (Foto: MP/Andrew Septian)
Jangan takut pikun selama informasi yang dilupa bukan hal penting (Foto: MP/Andrew Septian)

Jadi jangan takut terkena penyakit pikun dini, selama informasi itu adalah informasi jangka pendek. Beda halnya jika kamu sering lupa jalan ke rumah, lupa nama teman-temanmu, apalagi nama kamu sendiri. Jika begitu lebih baik kamu segera berkonsultasi dengan dokter.

Namun, jika kamu terganggu dengan fenomena ini, ada beberapa tips yang bisa dilakukan supaya tak cepat lupa. Hindari merokok, minum alkohol, apalagi sering mengkonsumsi obat. Banyak membaca dan bermain puzzle juga membantu melatih otakmu dalam mengingat.

Baca juga:

Referensi Gaya Kece untuk Si Rambut Keriting

Kemudian hal yang sangat manjur yaitu tidur yang cukup dan berolahraga rutin. Kedunya membuat kamu lebih fokus dan amenjadikan otak dapat bekerja lebih baik. Selain itu menjaga 'mood' agar selalu senang juga penting. (sep)


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH