Sering Dianggap Sepele, 5 Hal ini Bisa Sebabkan Kerusakan Mata Sayangilah Matamu (Foto: Pixabay/LhcCoutinho)

SEBAGAI salah satu indera yang ada di tubuh manusia, mata adalah anggota tubuh yang sangat penting. Semua yang kita lakukan dan semua hal menarik di dunia tidak bisa kita ketahui jika indera pengelihatan terganggu atau rusak. Meski begitu, masih banyak orang belum menyadari kebiasaan-kebiasaan yang membuat mata rusak.

Faktanya, kamu sendiri menjadi salah satu faktor utama penyebab mata menjadi rusak atau bahkan sampai mengalami kebutaan. Melansir berbagai sumber, ada beberapa hal yang harus kamu hindari meski sering dianggap sepele untuk menjaga mata tetap sehat. Simak yuk!

Baca juga:

Mata Iritasi Jangan Dikucek, Ternyata Itu Bisa Memperburuk Kondisi Mata

1. Menggosok Mata Terlalu Keras

penyebab kerusakan mata
Mengucek Mata (Foto: pixabay/deedee86)

Saat ada benda atau binatang kecil yang mengganggu mata, pasti kamu akan mengedipkan mata kamu beberapa kali. Tetapi jika perih, kamu langsung menggosok mata dengan keras karena risih dan gatal.

Menggosok mata terlalu keras menyebabkan mata jadi rusak, karena kamu tak memastikan tanganmu sudah bersih atau belum. Dari situ, bisa terjangkit kuman dan bakteri yang membuat mata mengalami infeksi.

Saat kamu menggosok terlalu keras juga bisa membuat pembuluh darah disekitar mata bisa pecah dan menyebabkan terjadinya peradangan. Serta, mata bisa terluka dan tergores pada kornea mata.

2. Tidur Menggunakan Bulu Mata

Sering Dianggap Sepele, 5 Hal ini Bisa Sebabkan Kerusakan Mata
Tidur Menggunakan Bulu Mata sangat berbahaya (Foto: Pexels/Alexander Krivitskiy)

Saat kamu sehabis pergi dan ngantuk, pasti kamu malas untuk membersihkan riasan karena alasan lelah sehingga mereka akan langsung tidur.

Kebiasaan ini seharusnya dihindari untuk kesehatan mata kamu, ketika kamu tidur dengan bulu mata tak tersadar akan menggosok-gosok mata. Hal itu menyebabkan lem pada bulu mata masuk ke kornea yang membuat kerusakan pada mata.

3. Terlalu Lama Main Hp di Tempat Gelap

Sering Dianggap Sepele, 5 Hal ini Bisa Sebabkan Kerusakan Mata
Main Ponsel di ruangan dengan Cahaya yang kurang sangat bahaya untuk mata (Foto: Pexels/Arun Thomas)

Bagi kamu yang enggak bisa lepas dari gadget, coba deh untuk menguranginya. Karena sekarang banyak anggapan bahwa ponsel adalah kebutuhan primer yang harus selalu di bawa kemanapun kamu pergi.

Terlalu lama menatap layar hp tak bagus untuk kesehatan lho. Mata akan mengalami kelelahan dan akan cepat kering serta sering kemerahan. Disarankan saat kamu main gadget paling tidak 20 menit menatap objek jauh, sehingga mata kamu tak fokus pada satu titik.

Hal itu membantu kamu terhindar dari sakit kepala karena terlalu lama menatap layar ponsel. Bermain ponsel saat cahaya kurang berbahaya untuk kesehatan mata.

Baca juga:

Menyingkirkan Mata Lelah Akibat Memandang Layar Ponsel


4. Kurang Tidur

Sering Dianggap Sepele, 5 Hal ini Bisa Sebabkan Kerusakan Mata
Kurang tidur membuat mata merah dan berair (Foto: Pexels/Elias Ficavontade)

Kurang tidur ternyata berpengaruh terhadap kesehatan mata, jika kurang tidur mata menjadi lelah dan berair. Oleh karena itu, aturlah waktu tidur kamu jadi lebih cepat dan begitu kamu terbiasa untuk tidur cepat.

Selain itu kamu hanya akan membuat mata kamu dikelilingi lingkaran hitam atau mata panda dan wajah kamu sembab di pagi hari.

5. Malas Mengonsumsi Buah dan Sayur

Sering Dianggap Sepele, 5 Hal ini Bisa Sebabkan Kerusakan Mata
Makan Buah dan Sayur emang baik untuk dikonsumsi setiap saat (Foto: Pexels/Daria Shevtsova)

Banyak orang malas mengonsumsi sayur karena menurutnya sayuran tak enak dan hambar. Makanya mereka mengonsumsi makanan yang lebih berasa dan enak, tetapi buah dan sayur yang memiliki kandungan gizi yang membuat tubuh sehat termasuk kesehatan mata.

Sayuran dan buah kaya akan kandungan vitamin A yang punya peran dalam menyehatkan mata, menajamkan mata dan memfokuskan mata untuk melihat suatu objek. (Bfm)

Baca juga:

Begini Cara Membuat Mata Cerah dan Berkilau Alami



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH