Sering Diangap Sepele, 4 Penyakit ini Ternyata Bisa Sangat Menular Penyakit-penyakit yang sering dianggap sepele ternyata sangat mungkin untuk ditularkan (Foto: doctoroz.com)

KESEHATAN merupakan aset terpenting dalam kehidupan. Menjaga pola hidup yang sehat tentunya akan menghindarkan kita dari berbagi penyakit. Meskipun begitu, Penyakit tetap saja bisa menyerang tubuh kita.

Ternyata penyakit yang sering kita anggap sepele umumnya dapat ditularkan melalui kontak langsung maupun tidak langsung lo, tanpa disadari itu bisa juga ditularkan dari orang terdekat atau orang lain tanpa disadari.

Namun tidak hanya itu saja, umumnya faktor kebersihan dan daya tahan tubuh yang lemah bisa menjadi pintu masuk penularan penyakit. Tapi jangan khawatir, penularan penyakit ini dapat kita cegah dengan menjaga kebersihan dan pola hidup sehat. Berikut empat penyakit sangat menular yang sering dianggap sepele dan perlu kamu waspadai.

1. Tifus

Sering Diangap Sepele, 4 Penyakit ini Ternyata Sangat Menular
Bakteri salmonella menjadi penyebab utama tifus (Foto: Paras Hospitals)


Tifus merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella. Bakteri ini menyebabkan infeksi dan menyerang usus halus.

Penyakit ini pada umumnya bisa membuat penderitanya merasakan demam, sakit kepala,sakit di bagian perut serta denyut jantung menurun. Tifus merupakan penyakit menular karena bakteri salmonella yang bisa menyebar melalui serangga seperti lalat atau kecoa.

2. Diare

Sering Diangap Sepele, 4 Penyakit ini Ternyata Bisa Sangat Menular
Diare dapat menular melalui bakteri di toilet (Foto: clevelandclinic)


Pada umunya diare sering kali disebabkan oleh kontaminasi virus atau bakteri. Kontaminasi ini menyebabkan orang buang air besar secara terus menerus.

Diare bisa menular karena kebersihan yang kurang terjaga, sehingga bakteri bisa berpindah dengan mudah. Apalagi ketika kamu berbagi atau menggunakan toilet yang sama dengan orang yang sedang diare.

3. Polio

Sering Diangap Sepele, 4 Penyakit ini Ternyata Bisa Sangat Menular
Vaksin adalah cara terbaik untuk mencegah penularan (Foto: newsweekpakistan)


Kamu harus tahu polio merupakan penyakit yang bisa menular melalui kontak langsung dengan penderitanya lo. Polio menyerang otot dan syaraf tubuh. Sehingga, orang yang terkena polio terlihat seperti cacat dari lahir. Umumnya penyakit polio ini banyak menyerang anak kecil dan bayi.

4. Cacingan

Sering Diangap Sepele, 4 Penyakit ini Ternyata Bisa Sangat Menular
Ditularkan melalui sanitasi dan pola hidup yang buruk (Foto: oakville.ca)


Penyakit cacingan dapat ditularkan melalui sanitasi dan pola hidup yang buruk. Cacingan menyebabkan tubuh kamu tidak bisa berkembang dengan baik. Tapi jangan khawatir cacing di dalam tubuh bisa kamu keluarkan dengan cara mengkonsumsi obat-obatan tertentu. (gsh)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH