Sering Diabaikan, Kebiasaan Saat Mencuci Rambut Ini Merusak Rambut Rambut rusak (Sumber: Franklyn Academy)

MENCUCI rambut ialah bagian yang terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Kebiasaan rutin tersebut membuat kita kerap kali menyepelekan tahapan dalam mencuci rambut.

Padahal, salah sedikit saja kita dalam merawat rambut, bisa menyebabkan permasalahan seperti kerontokan, rambut kering dan rambut bercabang. Berikut hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat mencuci rambut:

Baca juga:

4 Manfaat Menjalankan Pola Hidup Vegan

1. Jangan Menggosok Rambut dengan Keras

Rambut kering
Menggosok rambut (Sumber: The World Beast)

Menggosok rambut terlalu kuat setelah mencuci rambut adalah ide yang sangat buruk. Ini dapat merusak rambutmu. Menggosok rambut akan membuat rambut kasar dan menyebabkan kerusakan rambut. Itu karena rambut yang basah sangat rentan terjadi kerusakan.

Setelah mencuci rambut, peras air berlebihan di rambut dan kemudian gunakan kaus untuk membungkus dan menekan rambut dengan lembut agar air bisa terserap.

2. Jangan Sisir Rambutmu

Rambut kering
Rambut disisir (Sumber: Marie France)

Sebaiknya jangan sisir rambutmu saat basah. Rambut basah sangat rentan rusak dan menyisir rambut memperparah kerusakannya.

Alih-alih disisir, gerakkan jari-jari dengan lembut di rambut. Kamu bisa menyisir rambut setelah keadaan rambut benar-benar kering.

Baca juga:

Minuman Bersoda Bisa Memicu Diabetes? Ini Penjelasan Ilmiahnya

3. Jangan Keringkan Rambut

Rambut kering
Gunakan hair dryer (Sumber: The Apex Beauty)

Pernahkah kamu menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambutmu setiap kali mencuci rambut? Jika iya, berarti kamu telah berkontribusi dalam proses rusaknya rambutmu.

Ketika kamu mengeringkan rambut basah, panasnya akan mengurangi kelembaban rambut. Jika sudah demikian, rambutmu akan kering dan mudah patah.

4. Jangan Mengikatnya

Rambut kering
Mengikat rambut (Sumber: Class Pass)

Salah satu kesalahan memperlakukan rambut paling umum adalah mengikatnya. Mengikat rambut akan membuat rambut tertarik hingga ke akarnya.

Itu dapat menyebabkan kerusakan rambut. Selain itu juga dapat menyebabkan ujung rambut bercabang. (Avia)

Baca juga:

Redakan Amarah, Hidup Semakin Bahagia

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH