Sering Becermin Merusak Kesehatan Mental? Jangan selalu menilai negatif diri Anda di depan cermin. (Foto: Pixabay)

TANPA Anda sadari kegiatan becermin bisa merusak kesehatan mental. Padahal Anda ingin membuat penampilan Anda menarik sebelum bepergian. Mungkin Anda akan terheran-heran kegiatan becermin ternyata bisa berujung ke hal negatif.

Tunggu dulu, bukan kegiatan becermin seperti itu kok. Pernahkah Anda menatap diri Anda di depan cermin? Kemudian Anda menjadi instrospeksi diri dan bertanya-tanya tentang kelebihan serta kekurangan Anda.

Paling sering Anda mengomentari kekurangan Anda seperti misalnya tidak memiliki bentuk tubuh ideal. Atau rupa wajah Anda tidak sempurna seperti yang dinginkan. Bukan hal positif tapi Anda selalu menilai diri secara negatif.

Kegiatan bercermin seperti inilah yang perlu Anda hindari. Sebab kegiatan ini bisa menyebabkan kesehatan hingga mental Anda terganggu, mengerikan ya.

Melansir The List, Natalie Carey, seorang pengajar kepribadian bersertifikat mengatakan kegiatan seperti itu biasanya dilakukan para wanita. Tapi tidak menutup kemungkinan para pria melakukan hal yang sama.

"Alih-alih cermin digunakan untuk melihat penampilan, alat ini telah menjadi alat ukur untuk menentukan betapa berharganya kita sebagai manusia," ujarnya.

Menurut Natalie, hal ini menjadi berbahaya karena akan langsung merusak otak Anda. Semakin Anda menilai keburukan di depan cermin, pemikiran tersebut akan berlangsung hingga jangka panjang. Artinya dalam waktu lama Anda akan selalu merasa diri Anda seperti itu.

Sebaiknya kebiasaan seperti ini dihilangkan. Natalie pun mengatakan agar selalu memuji diri Anda saat becermin, bukannya menilai kekurangan Anda.

Misalnya saat becermin ucapkan dengan 'keras' hal apa yang Anda sukai dari diri Anda. Ganti setiap penilaian negatif menjadi positif. Misalnya bentuk tubuh yang tidak disukai karena terlalu besar. Tidak mengapa tubuh besar Anda bisa mengatakan "tubuhku besar karena aku sehat".

Jangan pernah lagi ya menilai negatif diri Anda di depan cermin. Cukup becermin karena Anda ingin berdandan. (Ikh)

Baca juga artikel Depresi dan Kecemasan, 2 Gangguan Mental yang Wajib Diwaspadai Karyawan

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH