Serial Televisi Spesial Ramadan Jadul Paling Bikin Kangen Dua ikonik sinetron Ramadan 2000an (Sumber: SCTV)

SAJIAN acara spesial Ramadan Sahur Nih Ye dan Bukber Nih Ye di kanal Youtube VINDES beroleh respon positif para penonton di 'bulan puasa' 2022. Para penonton di era digital lebih memilih sajian di Podcast, Youtube, dan Spotify ketimbang televisi. Keragaman sajian, tema lebih dekat dengan keseharian, dan tampak lebih nyata jadi pilihan para penonton kemudian hijrah ke platform tontonan digital.

Meski begitu, penonton telvisi bukan sepenuhnya pergi. Bahkan momen Ramadan justru cukup mendongkrak penonton televisi. Data dari Nielsen Television Audience Measurement melibatkan responden di sebelas kota di Indonesia menyua peningkatan penggunaan televisi sepanjang Ramadan dibanding bulan lainnya. Penonton meningkat lantaran frekuensi konsumsi televisi terjadi di saat sahur, jelang berbuka puasa, dan seusai salat tarawih.

Baca juga:

Ngabuburit di Rumah? Dengar Program Radio Saja

Saat sahur, peningkatan pengguna televisi naik mencapai tujuh kali lipat dibanding bulan lain. Jenis acara beroleh atensi lebih dari pemirsa selama Ramadan tentu berkutat di program tentang religi, di sampung program anak-anak dan hiburan.

Selama tiga tahun berturut di masa pandemi, angka kepemirsaan televisi di bulan Ramadan mengalami peningkatan. Pada tahun 2019, angka penonton televisi sebesar 13,4 persen, atau naik sebesar 1,1 persen dibanding bulan lainnya dengan raihan 12,3 persen.

Setahun sesudahnya, jumlah penonton berada di angka 14,6 persen atau naik sebesar 1,4 dibanding angka penonton di bulan lainnya sebanyak 13,9 persen.

Bahkan, di Ramadan 2021, sebanyak 11,8 persen pemirsa mengakses televisi atau lebih banyak 1,4 persen bila dibanding bulan lainnya di angka 10,4 persen.

Meski selama Ramadan pemirsa televisi naik, Nielsen mencatat angka TV Rating pada 2021 lalu mengalami penurunan jika dibanding Ramadan tahun sebelum pandemi lantaran banyak orang sudah mulai beralih tontonan ke pelbagai paltform digital.

Di tengah sajian spesial Ramadan televisi lebih banyak mengarah pada talkshow berbalut komedi, ada rasa rindu membuncah pada paket serial televisi khas Ramadan di masa sebelum pandemi.

Sinetron religi spesial Ramadan tahun 2000an, misalnya, meraih penonton setia sehingga bisa membuat produksi sampai berjilid-jilid atau bersambung para Ramadan tahun berikutnya. Begitu diminatinya sinetron religi Ramadan kala itu, hingga dibuat dalam beberapa seri sehingga banyak penonton tak sabar menantinya. Ketika episode terakhir tayang, hanya kerinduan akan tayangan paling berkesan tersebut tersisa.

Berikut serial televisi spesial Ramadan paling bikin kagen di masa sebelum pandemi.

1. Lorong Waktu

"Pak Haji siap? Zidan siap?" ujar Ustadz Addin (Dicky Chandra). "Bismillahirrahmanirahim," lanjutnya sembari menekan Enter.

Ngaku deh! Waktu kecil kamu pasti pernah berpikir tombol Enter di keyboard komputer bisa bikin berkelana kayak Pak Haji Husin (Deddy Mizwar) dan Zidan (Jourast Jourdy)?

Bagi anak-anak generasi 90an akhir dan 2000an awal, sinetron Lorong Waktu merupakan sinetron favoritnya. Vice menyebut sinetron ini menjadi sinetron religi terbaik sepanjang masa. Apalagi tidak banyak sinetron fiksi ilmiah diproduksi di Indonesia kala itu.

Lorong Waktu menyajikan perjalanan Haji Husin dan Zidan dalam menjelajahi waktu berkat mesin waktu hasil kreasi Ustadz Addin. Mereka kerap berjumpa dengan orang-orang inspiratif dengan kisah menarik. Mulai dari pedagang kecil doanya lebih manjur dari imam masjid, lalu Mpu Gandrung merupakan saudara jauh Mpu Gandring, hingga dukun setan. Ada begitu banyak pesan moral dii kisah Lorong Waktu. Karena begitu diminati, sinetron Lorong Waktu bertahan hingga tahun 2006.

2. Para Pencari Tuhan

"Akulah para pencarimu Ya Allah," kutipan lagu milik grup Ungu ini pasti terdengar saat sahur dan berbuka puasa pada masa Ramadan sebelum pandemi.

Kayaknya sahur dan berbuka enggak lengkap tanpa menyaksikan kisah Bang Jack dan tiga sekawan. Para Pencari Tuhan mengisahkan tentang seorang marbot (penjaga mushala) sekaligus mantan tukang jagal, Bang Jack dan muridnya merupakan residivis (mantan narapidana), antara lain Barong (Aden Bajaj), Juki (Isa Bajaj) dan Chelsea (Melky Bajaj).

Setelah keluar dari penjara, Barong diusir dari komplotan curanmor. Sementara Juki mantan copet, ditolak mentah-mentah saat kembali ke rumah ibunya. Nasib Chelsea tidak kalah menyedihkan. Mantan istrinya, Marni (Anggia Jelita) sudah menikah dengan Sumarno, polisi nan menjebloskannya ke penjara.

Akhirnya mereka bertiga secara tak sengaja bertemu dan terdampar di sebuah mushala bernama At-Taufiq. Di sana mereka berjumpa dengan Bang Jack. Awalnya Bang Jack enggan menerima mereka namun akhirnya mau menerima ketiganya sekaligus membimbing mereka menuju tobat meski sebenarnya ilmu agamanya pas-pasan. Selain mereka berempat, ada sejumlah karakter lain ikut menghidupkan drama. Hingga saat ini, Para Pencari Tuhan sudah mencapai musim ke-15!

3. Kiamat Sudah Dekat

kiamat sudah dekat
Kiamat Sudaj Dekat (Sumber: SCTV)

Berbeda dari sinetron religi lainnya, Kiamat Sudah Dekat diadaptasi dari film layar lebar berjudul serupa. Kiamat Sudah Dekat menceritakan tentang seorang rocker kelahiran Amerika bernama Fandy (Andre Taulany). Kehilangan sepatu saat di Masjid mengantarnya bertemu seorang perempuan bernama Sarah (versi film Ayu Pratiwi-versi sinetron Zaskia Adya Mecca). Fandy lantas merasakan cinta pada pandangan pertama.

Baca juga:

Ngabuburit di Rumah? Dengar Program Radio Saja

Namun kisah cintanya tidak berjalan mulus. Ia harus berhadapan dengan ayah Sarah, Haji Romli (Deddy Mizwar), lalu menantangnya untuk bisa salat, mengaji, dan belajar ilmu ikhlas.

Dalam versi sinetron, serial ini dikembangkan pada sosok Saprol (Muhammad Dwiky Riza) si pencuri sepatu Fandy dan sahabatnya, Kipli (Sakurta Ginting). Kisah Saprol dan Kipli bahkan paling ditunggu-tunggu, di samping kisah asmara Fandy-Sarah.

4. Tukang Bubur Naik Haji

OUASA
Tukang Bubur Naik Haji (Sumber: RCTI)

Tukang Bubur Naik Haji satu serial religi terpanjang. Sinetron tersebut mengangkat kehidupan masyarakat sehari-hari. Dengan alur yang mengalir, tidak heran jika serial ini begitu asyik dinikmati bahkan bertahan hingga bertahun-tahun kemudian.

Jika Kiamat Sudah Dekat merupakan kelanjutan dari versi film, Tukang Bubur Naik Haji merupakan versi lain dari FTV nan menyoroti kehidupan Bang Sulam (Mat Solar) sang penyabar, selalu tersenyum, dan bekerja sebagai penjual bubur ayam dimaksud.

Berkat ketekunan dan kebiasaan menabungnya, akhirnya ia bisa naik haji dan memperbesar usaha bubur ayamnya di akhir Film Televisi (dan episode awal sinetron). Bang Sulam tinggal bersama Rodhiyah (Uci Bing Slamet) istrinya, dan Emak Haji (Nani Wijaya).

Uniknya, meski Bang Sulam (Mat Solar) tak memperpanjang kontrak, Tukang Bubur Naik Haji tetap tayang bahkan begitu panjang episodenya tanpa kehadiran Bang Sulam. (Avia)

Baca juga:

Ngabuburit di Pinggir Bandara, Sederhana Tapi Bahagia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Makanan yang Mengandung Banyak Vitamin Cocok untuk Diet
Fun
Makanan yang Mengandung Banyak Vitamin Cocok untuk Diet

Vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh.

APMI Upayakan Tiga Festival Skala Besar di Indonesia Tetap Terlaksana
ShowBiz
APMI Upayakan Tiga Festival Skala Besar di Indonesia Tetap Terlaksana

Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI) angkat bicara terkait efek domino yang bisa berimbas pada tiga agenda besar penutup akhir 2022.

Kenang Setahun Wafatnya Vanessa Angel
ShowBiz
Kenang Setahun Wafatnya Vanessa Angel

Vanessa dan suaminya dikabarkan tewas.

Sekolah Digenangi Banjir Jadi Berkah Tersendiri untuk Siswa-siswi Warga +62
Fun
Sekolah Digenangi Banjir Jadi Berkah Tersendiri untuk Siswa-siswi Warga +62

Siswa-siswi Warga +62 kebanjiran berkah saat banjir melanda.

'The Last Goodbye', Perayaan Kenangan Odezsa
ShowBiz
'The Last Goodbye', Perayaan Kenangan Odezsa

Perayaan bagi orang-orang tercinta dan berbagai momen yang telah dibuat sepanjang di hidup.

Gary Markham Musisi Pembentuk Nilai Drum Corp International
Fun
Gary Markham Musisi Pembentuk Nilai Drum Corp International

Kebijaksanaan dan keahliannya jelas-jelas sangat membantu.

Sochi Tak Lagi Masuk Agenda Formula 1
Fun
Sochi Tak Lagi Masuk Agenda Formula 1

Sudah dipastikan Russian Grand Prix dicoret dari F1.

Waspadai Endometriosis, Jangan Remehkan Nyeri Haid
Hiburan & Gaya Hidup
Waspadai Endometriosis, Jangan Remehkan Nyeri Haid

Endometriosis menelan biaya yang sangat mahal dalam perawatan kesehatan.

Tips Antigagal Ajak Gebetan Nonton Konser Musik
Fun
Tips Antigagal Ajak Gebetan Nonton Konser Musik

Pada masa pengenalan ini, ada satu jurus yang bisa kamu lakukan, misalnya mengajak gebetan pergi ke konser musik.

Tina Turner Muncul dalam Wujud Barbie
ShowBiz
Tina Turner Muncul dalam Wujud Barbie

Merayakan kariernya nan panjang.