Seremoni Realokasi Medali Perak Olimpiade Citra Febrianti Dihelat September 2022 Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Ferry Kono. (NOC Indonesia/Naif Al'As)

MerahPutih.com - Perjuangan Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) untuk perolehan realokasi medali perak lifter Citra Febrianti pada angkat besi kelas 53kg putri Olimpiade 2012 London telah menemui keberhasilan. Saat ini, medali tersebut tinggal diserahkan kepada Citra melalui acara seremonial yang telah ditentukan.

NOC Indonesia menjelaskan, alasan mengapa lifter putri Citra Febrianti belum menerima medali perak angkat besi kelas 53kg putri Olimpiade 2012. Penyerahan realokasi medali Olimpiade wajib diberikan secara seremonial dan NOC Indonesia menjadwalkannya saat perayaan Olympic Day 2022 yang direncanakan September mendatang.

Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Ferry Kono mengatakan, Komite Olimpiade Internasional (IOC) memiliki regulasi penyerahan realokasi medali Olimpiade sebagaimana usulan Komisi Atlet IOC yang disetujui Dewan Eksekutif IOC pada Mei 2018. Atlet "clean" yang berhak atas medali Olimpiade berhak mendapatkan seremoni penyerahan medali.

Baca Juga:

Tim Menembak Indonesia Incar Tiket Olimpiade 2024

“Ada enam aturan seremoni realokasi medali, yaitu di Olimpiade selanjutnya, Olimpiade Remaja (Youth Olympic), Markas Besar IOC atau Museum Olimpiade, NOC Function, Event atau IF Function, dan terakhir di seremoni yang bersifat private. Seremoni ini dilakukan untuk memberikan penghargaan dan apresiasi kepada atlet yang telah bersaing sehat, tanpa doping,” kata Ferry.

Menurutnya, NOC Indonesia baru menerima medali perak dan sertifikat milik Citra dari IOC pada Februari 2021. Tapi, tidak bisa langsung menyerahkannya kepada Citra karena adanya regulasi seremoni realokasi medali Olimpiade yang diatur IOC.

“Sejak awal kami berkomitmen memperjuangkan hak Citra. Namun yang harus dipahami penyerahan medali tetap harus mengikuti aturan IOC. Ketika medali itu kami terima, kita dihadapkan dengan situasi pandemi COVID-19 yang kemudian ada ledakan kasus varian Delta, kemudian Omicron di dua masa yang berbeda. Bahkan perayaan offline Olympic Day 2021 juga harus kami batalkan karena situasi tersebut,” papar Ferry.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amalai dan lifter Indonesia Citra Febrianti saat acara penyerahan bonus apresiasi atas medali perak Olimpiade 2012 London.  NOC Indonesia/Naif Al'As
Ketua Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amalai dan lifter Indonesia Citra Febrianti saat acara penyerahan bonus apresiasi atas medali perak Olimpiade 2012 London. (NOC Indonesia/Naif Al'As)

“Saat pemerintah melonggarkan pembatasan karena kasus mulai landai, kami berharap bisa menyelenggarakan Olympic Day tahun ini sekaligus seremoni medali untuk Citra. Kami juga langsung berkoordinasi dengan IOC dan menyampaikan realokasi medali Olimpiade Citra akan diadakan pada September, bertepatan dengan perayaan Olympic Day sesuai regulasi poin 4, yakni NOC Function,” imbuh Sekjen NOC Indonesia itu.

Pernyataan Ferry diperkuat melalui surat elektronik yang dikirimkan NOC Indonesia kepada Junior Project Manager IOC Jonas Brun pada 26 Juni untuk menginformasikan rencana seremoni realokasi medali Citra yang langsung mendapat respons positif.

Dalam surat elektronik balasan sehari setelahnya, Brun menjelaskan IOC telah mencatat tanggal seremoni realokasi medali Citra. IOC juga menjelaskan seremoni pemberian medali Olimpiade kepada atlet yang bersangkutan dapat dilakukan oleh IOC Member dari negara tersebut atau Presiden NOC.

NOC Indonesia, kata Ferry, akan segera berkoordinasi dengan Erick Thohir, Menteri BUMN sekaligus IOC Member untuk dapat hadir dalam penyerahan seremoni realokasi medali Olimpiade untuk Citra.

“Kami mengharapkan kehadiran Pak Erick. Semoga beliau dapat hadir. Apalagi beliau juga sebagai Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia London 2012,” ujar Ferry.

Baca Juga:

Medali Emas SEA Games Modal Berharga Voli Pantai di Kualifikasi Olimpiade 2024

Sebagai informasi, Citra tampil di kelas 53kg putri pada London 2012 dan menempati ranking 4. Namun, ia berhak atas realokasi medali perak setelah IOC mendiskualifikasi peraih medali emas Zulfiya Chinshanlo (Kazakhstan) pada 19 Oktober 2016 serta peraih perunggu Cristina Iovu (Moldova) pada 10 November 2016. Keduanya terbukti positif doping berdasarkan klasifikasi baru Federasi Angkat Besi Internasional (IWF).

Empat tahun berlalu, IOC tak kunjung memutuskan medali perak Citra. Meskipun Citra mengaku telah berkirim surat kepada Komite Olimpiade Indonesia pada 25 Oktober 2018. Ketika kepengurusan NOC Indonesia periode 2019-2023 pimpinan Raja Sapta Oktohari mendengar laporan Citra pada November 2020, pihaknya langsung berkirim surat ke IOC.

Kurang dari dua pekan, tepatnya 19 November 2020, IOC secara resmi memutuskan Citra berhak atas medali perak kelas 53kg Olimpiade London. NOC Indonesia juga langsung berkoordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali agar Citra bisa mendapatkan apresiasi sesuai prestasinya dan bonus tersebut diberikan pada 21 Desember. (*)

Baca Juga:

Motivasi Ketua NOC Lecut Balap Sepeda Indonesia Jadikan Olimpiade Target

Kanal
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Apriyani/Fadia dan Fajar/Rian Wakili Merah Putih di Final Indonesia Masters 2022
Olahraga
Apriyani/Fadia dan Fajar/Rian Wakili Merah Putih di Final Indonesia Masters 2022

Ini final perdana bagi Apriyani/Fadia dalam turnamen super series BWF sejak kedua pemain pertama kali dipasangkan Februari lalu.

Dua Sosok Pemain Baru Persis Solo
Olahraga
Dua Sosok Pemain Baru Persis Solo

Persis Solo kembali merekrut dua pemain baru untuk berlaga di babak delapan besar Liga 2 musim 2022/2022.

Dugaan Pengaturan Skor, 5 Eks Perserang dan Satu Pemain Liga 3 Dihukum 1-5 Tahun
Olahraga
Dugaan Pengaturan Skor, 5 Eks Perserang dan Satu Pemain Liga 3 Dihukum 1-5 Tahun

Komisi Disiplin (Komdis) PSSI memberikan hukuman terhadap para pelaku kasus dugaan pengaturan skor. Ada enam pemain yang meneriman sanksi berupa larangan bermain di Liga Indonesia.

Merah Putih Terancam Tidak Bisa Berkibar Lagi di Dunia Olahraga
Olahraga
Merah Putih Terancam Tidak Bisa Berkibar Lagi di Dunia Olahraga

Bendera Merah Putih terancam tidak bisa berkibar karena adanya masalah dengan Badan Anti-Doping Dunia (WADA)!

Wapres Ma'ruf Amin Buka Opening Ceremony ASEAN Para Games di Stadion Manahan
Olahraga
Wapres Ma'ruf Amin Buka Opening Ceremony ASEAN Para Games di Stadion Manahan

Opening ceremony ASEAN Para Games (APG) Ke-XI akan dilangsungkan di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu (30/7).

STY Sebut Asnawi dan Elkan Baggott Segera Bergabung dengan Timnas U-23
Olahraga
STY Sebut Asnawi dan Elkan Baggott Segera Bergabung dengan Timnas U-23

Dua pemain andalan Garuda Muda di lini belakang, Asnawi Mangkualam Bahar dan Elkan Baggott disebut bakal segera bergabung dengan rekan-rekan setimnya di Vietnam.

Persib Seret Cetak Gol, Begini Kata Robert Alberts
Olahraga
Persib Seret Cetak Gol, Begini Kata Robert Alberts

Menurutnya, Persib telah bermain menyerang sejak menit pertama. Serangan dilakukan dari segala sudut, walau tak menghasilkan gol.

Apri/Fadia akan Tampil Habis-habisan demi Juara Malaysia Open 2022
Olahraga
Apri/Fadia akan Tampil Habis-habisan demi Juara Malaysia Open 2022

“Jadi besok harus all out dan buat semuanya enak biar di lapangannya ikut enak,” kata Apri.

Hary/Leani Tambah Medali Emas bagi Indonesia
Olahraga
Hary/Leani Tambah Medali Emas bagi Indonesia

Indonesia menambah medali emas dari cabang parabadminton melalui ganda campuran SL3-SU5, Hary Susanto/Leani Ratri Oktila.

Jadwal Siaran Langsung Piala AFF U-19 Senin (4/7): Indonesia Vs Brunei
Olahraga
Jadwal Siaran Langsung Piala AFF U-19 Senin (4/7): Indonesia Vs Brunei

Indonesia kini harus puas menduduki peringkat 3 klasemen Grup A Piala AFF U-19