Seremoni Realokasi Medali Perak Olimpiade Citra Febrianti Dihelat September 2022 Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Ferry Kono. (NOC Indonesia/Naif Al'As)

MerahPutih.com - Perjuangan Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) untuk perolehan realokasi medali perak lifter Citra Febrianti pada angkat besi kelas 53kg putri Olimpiade 2012 London telah menemui keberhasilan. Saat ini, medali tersebut tinggal diserahkan kepada Citra melalui acara seremonial yang telah ditentukan.

NOC Indonesia menjelaskan, alasan mengapa lifter putri Citra Febrianti belum menerima medali perak angkat besi kelas 53kg putri Olimpiade 2012. Penyerahan realokasi medali Olimpiade wajib diberikan secara seremonial dan NOC Indonesia menjadwalkannya saat perayaan Olympic Day 2022 yang direncanakan September mendatang.

Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Ferry Kono mengatakan, Komite Olimpiade Internasional (IOC) memiliki regulasi penyerahan realokasi medali Olimpiade sebagaimana usulan Komisi Atlet IOC yang disetujui Dewan Eksekutif IOC pada Mei 2018. Atlet "clean" yang berhak atas medali Olimpiade berhak mendapatkan seremoni penyerahan medali.

Baca Juga:

Tim Menembak Indonesia Incar Tiket Olimpiade 2024

“Ada enam aturan seremoni realokasi medali, yaitu di Olimpiade selanjutnya, Olimpiade Remaja (Youth Olympic), Markas Besar IOC atau Museum Olimpiade, NOC Function, Event atau IF Function, dan terakhir di seremoni yang bersifat private. Seremoni ini dilakukan untuk memberikan penghargaan dan apresiasi kepada atlet yang telah bersaing sehat, tanpa doping,” kata Ferry.

Menurutnya, NOC Indonesia baru menerima medali perak dan sertifikat milik Citra dari IOC pada Februari 2021. Tapi, tidak bisa langsung menyerahkannya kepada Citra karena adanya regulasi seremoni realokasi medali Olimpiade yang diatur IOC.

“Sejak awal kami berkomitmen memperjuangkan hak Citra. Namun yang harus dipahami penyerahan medali tetap harus mengikuti aturan IOC. Ketika medali itu kami terima, kita dihadapkan dengan situasi pandemi COVID-19 yang kemudian ada ledakan kasus varian Delta, kemudian Omicron di dua masa yang berbeda. Bahkan perayaan offline Olympic Day 2021 juga harus kami batalkan karena situasi tersebut,” papar Ferry.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amalai dan lifter Indonesia Citra Febrianti saat acara penyerahan bonus apresiasi atas medali perak Olimpiade 2012 London.  NOC Indonesia/Naif Al'As
Ketua Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amalai dan lifter Indonesia Citra Febrianti saat acara penyerahan bonus apresiasi atas medali perak Olimpiade 2012 London. (NOC Indonesia/Naif Al'As)

“Saat pemerintah melonggarkan pembatasan karena kasus mulai landai, kami berharap bisa menyelenggarakan Olympic Day tahun ini sekaligus seremoni medali untuk Citra. Kami juga langsung berkoordinasi dengan IOC dan menyampaikan realokasi medali Olimpiade Citra akan diadakan pada September, bertepatan dengan perayaan Olympic Day sesuai regulasi poin 4, yakni NOC Function,” imbuh Sekjen NOC Indonesia itu.

Pernyataan Ferry diperkuat melalui surat elektronik yang dikirimkan NOC Indonesia kepada Junior Project Manager IOC Jonas Brun pada 26 Juni untuk menginformasikan rencana seremoni realokasi medali Citra yang langsung mendapat respons positif.

Dalam surat elektronik balasan sehari setelahnya, Brun menjelaskan IOC telah mencatat tanggal seremoni realokasi medali Citra. IOC juga menjelaskan seremoni pemberian medali Olimpiade kepada atlet yang bersangkutan dapat dilakukan oleh IOC Member dari negara tersebut atau Presiden NOC.

NOC Indonesia, kata Ferry, akan segera berkoordinasi dengan Erick Thohir, Menteri BUMN sekaligus IOC Member untuk dapat hadir dalam penyerahan seremoni realokasi medali Olimpiade untuk Citra.

“Kami mengharapkan kehadiran Pak Erick. Semoga beliau dapat hadir. Apalagi beliau juga sebagai Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia London 2012,” ujar Ferry.

Baca Juga:

Medali Emas SEA Games Modal Berharga Voli Pantai di Kualifikasi Olimpiade 2024

Sebagai informasi, Citra tampil di kelas 53kg putri pada London 2012 dan menempati ranking 4. Namun, ia berhak atas realokasi medali perak setelah IOC mendiskualifikasi peraih medali emas Zulfiya Chinshanlo (Kazakhstan) pada 19 Oktober 2016 serta peraih perunggu Cristina Iovu (Moldova) pada 10 November 2016. Keduanya terbukti positif doping berdasarkan klasifikasi baru Federasi Angkat Besi Internasional (IWF).

Empat tahun berlalu, IOC tak kunjung memutuskan medali perak Citra. Meskipun Citra mengaku telah berkirim surat kepada Komite Olimpiade Indonesia pada 25 Oktober 2018. Ketika kepengurusan NOC Indonesia periode 2019-2023 pimpinan Raja Sapta Oktohari mendengar laporan Citra pada November 2020, pihaknya langsung berkirim surat ke IOC.

Kurang dari dua pekan, tepatnya 19 November 2020, IOC secara resmi memutuskan Citra berhak atas medali perak kelas 53kg Olimpiade London. NOC Indonesia juga langsung berkoordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali agar Citra bisa mendapatkan apresiasi sesuai prestasinya dan bonus tersebut diberikan pada 21 Desember. (*)

Baca Juga:

Motivasi Ketua NOC Lecut Balap Sepeda Indonesia Jadikan Olimpiade Target

Kanal
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Persis Solo Datangkan Mantan Gelandang Boca Juniors
Olahraga
Persis Solo Datangkan Mantan Gelandang Boca Juniors

Messidoro berposisi sebagai gelandang serang jebolan dari klub utama liga Argentina, Boca Juniors

Laga Padat Timnas U-19
Olahraga
Laga Padat Timnas U-19

Indonesia melawan Vietnam pada Sabtu (2/7) di Grup A, lalu menghadapi Brunei Darussalam pada Senin (4/7), Thailand pada Rabu (6/7), Filipina pada Jumat (8/7) dan, terakhir, Myanmar pada Minggu (10/7).

Dedikasi Sunardi Diganjar Medali Perunggu Jiujitsu SEA Games
Olahraga
Dedikasi Sunardi Diganjar Medali Perunggu Jiujitsu SEA Games

Perjuangan dan dedikasi Sunardi tetap layak diacungin jempol karena harus menahan dehidrasi selama pertandingan.

DPR Setujui Naturalisasi Shayne Pattynama
Olahraga
DPR Setujui Naturalisasi Shayne Pattynama

DPR menyetujui permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia pemain sepakbola asal Belanda Shayne Elian Jay Pattynama.

Man City Tawarkan Gaji Tinggi untuk Haaland, Dortmund Pasrah
Olahraga
Man City Tawarkan Gaji Tinggi untuk Haaland, Dortmund Pasrah

Manchester City siap tawarkan gaji tinggi untuk Haaland. Menanggapi kabar tersebut, Dortmund sudah siap kehilangan Haaland.

Pemain Pelatnas PBSI Mundur dari Ajang Orleans Masters 2022
Olahraga
Pemain Pelatnas PBSI Mundur dari Ajang Orleans Masters 2022

Kondisi saat ini tidak sepadan kalau hanya satu turnamen ke Eropa dengan melihat waktu perjalanan dan evaluasi target performa.

Pelatih Vietnam Sesumbar Bisa Kalahkan Timnas Indonesia
Olahraga
Pelatih Vietnam Sesumbar Bisa Kalahkan Timnas Indonesia

"Sejak saya memimpin Vietnam, kami tidak pernah kalah dari mereka, jadi saya yakin kami bisa menang." pungkasnya.

Badminton Asia Championship 2022: Hendra/Ahsan Kalah, Jojo ke Perempatfinal
Olahraga
Badminton Asia Championship 2022: Hendra/Ahsan Kalah, Jojo ke Perempatfinal

Pasangan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/ Hendra Setiawan gagal melangkah ke perempatfinal Badminton Asia Championships 2022.

Cuaca Panas Jadi Tantangan, STY: Kami akan Lakukan yang Terbaik
Olahraga
Cuaca Panas Jadi Tantangan, STY: Kami akan Lakukan yang Terbaik

"Jadi kami akan lakukan terbaik," kata Shin Tae-yong.

Lini Belakang Dewa United FC Percaya Diri Jaga Pertahanan Lawan Bali United
Olahraga
Lini Belakang Dewa United FC Percaya Diri Jaga Pertahanan Lawan Bali United

Bek Dewa United FC Mochamad Zaenuri mengaku nyaman berduet dengan Risto Mitrevksi dalam menjaga lini pertahanan.