COVID-19 Game Changing

Serba Touchless untuk Cegah COVID-19

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 24 Maret 2021
Serba Touchless untuk Cegah COVID-19
Touchless tidak memerlukan tombol. (foto: youtube/NP1C)

SATU tahun lebih Indonesia dilanda pandemi. Kondisi ini lantas tidak membuat orang-orang patah semangat. Pandemi justru membuat orang berkembang menyesuaikan lingkungan. Contohnya di bidang teknologi yang sangat berkaitan dengan usaha mencegah paparan COVID-19.

Pemerintah indonesia sempat menerapkan beberapa kebijakan untuk mencegah kerumunan program Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menunjang aktivitas penduduk untuk bekerja. Kebijakan ini lantas membuat para teknisi membuat teknologi yang mendukung protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus Corona di tempat umum. Teknologi touchless jawabannya.

Baca juga:

Serba Cashless Karena COVID-19

Teknologi touchless mengandalkan sensor sebagai perangkat utama untuk menangkap objek tertentu. Teknologi ini dinilai lebih aman karena tidak perlu menyentuh objek untuk pengoperasiannya. Sangat tepat digunakan untuk fasilitas umum yang biasanya menggunakan tombol.

Fasilitas umum yang sekarang banyak menerapkan teknologi touchless ialah tombol mesin karcis parkir dan lift. Teknologi ini diterapkan di mall, perkantoran, dan tempat umum lainnya yang biasa diwarnai kerumunan.

Cara kerja sistem touchless simpel. Misalnya di tempat parkir. Karcis parkir akan keluar tanpa menekan tombol karcis yang biasanya berwarna hijau. Cukup mendekatkan jari ke permukaan tombol, atau mengibaskan telapak tangan. Karcis langsung keluar.

Baca juga:

#HOAKS/FAKTA: Mesin ATM Sumber Penularan Virus Corona Tertinggi?

Untuk bayar karcis parkir sistemnya masih sama, ada petugas parkir di loket. Tidak ada sistem touchless saat membayar karcis. Namun, paling tidak kamu bisa membayar parkir menggunakan barcode pada karcis atau e-money untuk mengurangi interaksi dengan petugas.

Tidak hanya tombol mesin parkir, teknologi ini juga banyak digunakan pada tombol lift di mall dan perkantoran. Cara kerjanya sama, cukup dengan mengibaskan tangan atau mendekatkan jari pada tombol lift. Seperti tombol lantai, buka dan tutup pintu, hingga memanggil lift ke lantai kamu berada.

Namun, beberapa lift masih tetap menghadirkan tombol yang dibarengi dengan sensor. Baik menekan tombol atau menggunakan sensor, lift dapat beroperasi seperti biasa. Tapi lebih baik tetap menggunakan sistem sensornya. Beberapa lift juga menggunakan tombol yang diinjak.

Walaupun teknologi sudah berkembang mengikuti kondisi pandemi yang mendukung protokol kesehatan, tetapi kamu tetap harus waspada agar tidak terpapar virus Corona. Selalu mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan secara berkala. (rzk)

Baca juga:

5 Benda yang Rawan Menularkan Virus Corona, Segera Cuci Tangan!

#COVID-19
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan