Serba-Serbi Dekorasi Imlek Beserta Makna di Baliknya Tahun baru imlek dengan berbagai dekorasai penuh makna. (Foto: Pixabay/pixel2013)

DEKORASI dan pernak pernik yang dihias di rumah saat Imlek menambah kesan estetika dan memberi kesan meriah. Tak hanya membuat rumah semakin cantik dan menyenangkan, dekorasi Imlek memiliki makna tersendiri lo.

Berikut dekorasi yang bisa ditemukan saat Imlek dan makna dibaliknya:

Baca Juga:

Apakah Shio Kamu Pada Imlek Tahun Ini Membawa Hoki?

1. Lampion

Imlek
Kemeriahan tahun baru imlek dengan lampion (Foto: Pixabay/Silentpilot)

Perayaan Imlek berlangsung selama 15 hari dengan berbagai kegiatan setiap harinya. Puncak dari kegiatan tersebut adalah Festival Lentera. Lentera yang ditampilkan di festival tersebut beraneka raga,. Mulai dari bentuk standar seperti bola hingga yang detil seperti teratai atau naga. Beberapa orang biasa menulis puisi atau kaligrafi di lampion sebelum dilepaskan ke langit.

2. Lukisan

lukisan
Konsep lukisan mengalami perubahan dari masa ke masa. (Foto: Pixabay/nevermore1990)

Lukisan (nian hua) secara literasi memiliki makna "gambar tahun baru" atau "cetakan tahun baru". Dekorasi ini sudah ada seribu tahun yang lalu. Lukisan ini digunakan oleh orang-orang untuk mengekspresikan keinginan mereka untuk tahun yang akan datang. Konsep lukisan dari masa ke masa mengalami perubahan. Dahulu menggambarkan makhluk surgawi, kemudian berubah menjadi cerita rakyat, kini tentang kehidupan sehari-hari.

3. Bait Festival Musim Semi

Bait
Bait (Sumber: Chinese New Year)

Dekorasi ini berasal dari era Shu (lebih dari seribu tahun yang lalu). Bait yang tertulis memiliki sejarah yang panjang dan kaya. Pada masa kuno, bait ini terbuat dari pohon persik.

Baca Juga:

Begini Aturan Memberikan Angpao Sesuai Tradisi Imlek!

4. Gantungan Keberuntungan (Fu)

Fu
Hiasan Keberuntungan (Sumber: Chinese New Year)

Dekorasi yang sering ditemukan saat Imlek adalah sebuah kertas merah berbentuk persegi yang digantungkan di jendela, dinding, atau pintu. Kertas tersebut berisi harapan-harapan akan tahun yang baru. Kata-kata yang sering tertulis di kertas tersebut adalah "kebahagiaan", "keberuntungan" dan lain sebagainya. Kertas ini sering dikombinasikan dengan dekorasi lain seperti pohon stek kertas dan lukisan.

5. Seni Memotong Kertas

Seni memotong kertas
Seni kertas (Sumber: Chinese New Year)

Memotong kertas adalah kerajinan rakyat yang dapat di lihat di setiap musim. Namun, dekorasi ini paling banyak ditemukan saat Imlek. Dekorasi ini biasnaya berupa simbol dan kata-kata keberuntungan. Selain itu, kertas bisa juga dibentuk menjadi ikan, buah persik, naga, burung phoenix dan zodiak. (avia)

Baca Juga:

Dapat Angpao Banyak? Gunakan untuk Hal Ini Supaya Berlipat Ganda!

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH