Headline

Serangan Gereja Koptik Tewaskan 11 Orang, Presiden Mesir Berduka

Eddy FloEddy Flo - Sabtu, 30 Desember 2017
Serangan Gereja Koptik Tewaskan 11 Orang, Presiden Mesir Berduka
Warga berkumpul di lokasi serangan ke gereja di distrik Helwan selatan Kairo, Mesir (ANTARA FOTO/REUTERS/Amr Abdallah Dalsh)

MerahPutih.Com - Gereja Koptik Mesir kembali mendapat serangan dari kelompok bersenjata. Serangan yang terjadi pada Jumat (29/12) kemarin itu menewaskan 11 orang. Kelompok ISIS menyatakan bertanggung jawab atas serangan yang berlangsung di luar gereja Koptik kawas, Kairo Selatan, Mesir.

Dalam pernyataan yang dimuat kantor berita Amang, milik kelompok militan itu, ISIS juga menyertakan bukti-bukti keterlibatan mereka.

Dalam serangan, seorang pria bersenjata menembaki jemaat dan polisi Mesir yang bertugas di luar gereja itu sebelum pria tersebut dibekuk.

Sementara itu menurut laporan kantor berita China, Xinhua, setidaknya 11 orang tewas dalam baku tembak di luar sebuah gereja di Kairo selatan, Mesir, Jumat, lapor media pemerintah Mesir.

"Pasukan keamanan telah menggagalkan serangan di Gereja Mar Mina di distrik Helwan," menurut pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri Mesir.

Kementerian Kesehatan Mesir memaparkan 10 orang tewas, termasuk satu penyerang dan polisi yang sama-sama beragama Islam. Satu penyerang lainnya kabur dari lokasi kejadian menggunakan sepeda motor namun kemudian berhasil ditangkap.

Petugas juga telah menjinakkan bom yang ditanam di dekat gereja itu. Penyerang lainnya kemudian ditangkap dalam keadaan membawa satu bom, 150 peluru dan sepucuk senjata otomatis, kata kepala Direktorat Keamanan Kairo.

Sejumlah saksi mata mengatakan bahwa kedua milisi bertopeng itu dengan sepeda motor masuk ke jalan yang mengarah ke sisi barat gereja. Mereka kemudian turun dari motor dan mengincar pos keamanan di luar gereja. Para saksi mata menambahkan bahwa adu tembak berlangsung selama 20 menit.

Serangan itu muncul menjelang perayaan Natal Ortodoks pekan depan.

Presiden Mesir Abdel Fattah As-Sisi berduka buat korban serangan teror yang ditujukan kepada gereja di luar Ibu Kota Mesir, Kairo.

“Serangan teror semacam itu takkan membuat lemah tekad rakyat Mesir untuk membersihkan Mesir dari terorisme, “kata As-Sisi di dalam satu pernyataan yang dikeluarkan oleh Kantor Presiden Mesir.

Presiden Mesir sebagaimana dilansir Antara, Sabtu (30/12) mengucapkan terima kasih kepada penjaga keamanan Gereja Mar Mina di Kabupaten Helwan, Kairo atas peran heroik mereka dalam menggagalkan serangan tersebut, dan memerintahkan semua lembaga negara agar menyediakan semua dukungan buat keluarga korban dan orang yang cedera.(*)

#ISIS #Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi #Teroris
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan