Serang Polisi, 6 Orang Diduga Pengikut Rizieq Shihab Tewas Ditembak

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 07 Desember 2020
Serang Polisi, 6 Orang Diduga Pengikut Rizieq Shihab Tewas Ditembak
Rizieq Shihab menyapa massa yang menjemputnya di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Selasa (10/11/2020). (ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL)

MerahPutih.com - Aparat kepolisian terlibat bentrok dengan para pengikut pentolan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di kawasan Cikampek, Senin (7/12).

Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran menuturkan, kejadian terjadi sekitar pukul 00.30 WIB di Jalan Tol Jakarta Cikampek, KM 50, telah terjadi penyerangan terhadap anggota Polri.

Baca Juga

Hari Ini, Rizieq Shihab Cs Diperiksa Polda Metro Jaya

"Mereka sedang melaksanakan tugas penyelidikan terkait rencana pemeriksaan Rizieq Shihab yang dijadwalkan berlangsung hari ini jam 10.00 WIB," kata Fadil di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (7/12).

Fadil menyebut massa yang menyerang petugas adalah rombongan yang dikerahkan untuk mengawal pemeriksaan Rizieq. Massa berada dalam sebuah kendaran.

Anggota yang terancam keselamatan jiwanya karena diserang kemudian melakukan tindakan tegas terukur terhadap kelompok yang iduga pengikut MRS.

"Meninggal dunia sebanyak 6 orang,"tambahnya.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran. Foto: MP/Kanu

Dia mengungkapkan penyerangan berawal dari informasi bahwa akan terjadi pengerahan massa pada saat Rizieq dilakukan pemeriksaan di Polda Metro Jaya.

Menurutnya, informasi pengerahan massa itu beredar dari berbagai sumber termasuk berita melalui WA group. Bahwa akan ada pengerahan kelompok massa untuk mengawal pemeriksaan Rizieq di Polda Metro Jaya.

"Kemudian diserang dengan menggunakan senjata api dan senjata tajam," ujarnya.

Adapun, untuk kerugian yang dialami petugas adalah sebuah kendaraan yang rusak akibat dipepet dan luka akibat penyerangan kelompok tersebut.

Seperti diketahui, pada Senin (7/12) Rizieq Shihab seharusnya memenuhi panggilan dari Polda Metro Jaya terkait kasus kerumunan yang terjadi di Petamburan beberapa waktu yang lalu.

Adapun, pada panggilan sebelumnya, Rizieq Shihab mangkir dari panggilan kepolisian.

Sementara itu, Front Pembelas Islam (FPI) membenarkan aksi penembakan yang dilakukan orang tak dikenal di dekat pintu Tol Karawang Timur.

Para preman OTK yang bertugas operasi tersebut menghadang dan mengeluarkan tembakan kepada laskar pengawal keluarga.

Hingga saat ini para penghadang berhasil melakukan penembakan dan 1 mobil berisi 6 orang laskar masih hilang diculik oleh para preman OTK bertugas operasi.

"Karena semalam jelas ada upaya penembakan terhadap rombongan beliau dan sampai saat ini masih 6 orang laskar yang hilang diculik," demikian pernyataan tertulis FPI. (Knu)

Baca Juga

Tunjukan Ketaatan Hukum, Rizieq Diminta Hadir di Polda Metro

#Breaking #Rizieq Shihab
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan