Sepuluh Kali Beraksi, Maling Kotak Amal Masjid Terciduk Ilustrasi Maling (MerahPutih/Alfi Rahmadhani)

MerahPutih.Com - Sepak terjang seorang residivis spesialis kotak amal masjid terpaksa berakhir di tangan petugas kepolisian. Pelaku kejahatan yang kerap mencuri kotak amal masjid itu diciduk aparat kepolisian Lombok Barat.

Penangkapan pelaku berinisial RMH itu terjadi saat ia melancarkan aksinya di Masjid Dusun Senggigi, Lombok Barat.

Kapolsek Senggigi melalui Kanit Reskrim Iptu I Made Dimas Widiantara yang dihubungi wartawan di Mataram, Selasa, mengatakan residivis yang kembali berulah ini berinsial RMH (20), asal Ampenan.

"Setelah kita selidiki, pelaku mengarah kepada yang bersangkutan. Karena itu pelaku langsung kita amankan dari rumah kosnya yang berlokasi di wilayah Tanak Embet, Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat," kata Dimas Widiantara sebagaimana dilansir Antara, Selasa (3/10).

Setelah diamankan, pelaku dalam keterangannya mengaku bahwa sebelum mencuri kotak amal di masjid, dia sempat juga melancarkan aksi kejahatannya di wilayah Sandik, Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat.

"Dalam aksinya dia berhasil mengambil sejumlah barang berharga milik korban. Dia juga mengaku kalau dalam aksinya bekerja sama dengan seorang rekannya berinisial MI," ujarnya.

Setelah mengetahui identitas rekannya, tim langsung turun lapangan dan menangkap MI.

"Jadi mereka berdua ini mengaku sudah beberapa kali berhasil melancarkan aksi pencurian di wilayah hukum kami," ucapnya.

Kedua pelaku yang telah mendekam di balik jeruji besi Polsek Senggigi, dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian yang ancamannya paling berat tujuh tahun penjara.

"Sekarang mereka sudah kita amankan, pemeriksaannya masih terus berlanjut untuk mengetahui keberadaan barang hasil curiannya, termasuk apakah masih ada peran pelaku lain dalam setiap aksinya," kata Dimas Widiantara.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH