Seperti Vokalis The Cranberries, Musisi ini Juga Meninggal Tragis Whitney Houston ditemukan meninggal di bathtub kamar hotel. (foto: grammy.com)

DOLORES O'Riordan ditemukan tewas di sebuah kamar hotel di London, Senin (15/1) pagi. Pihak berwenang menyatakan penyebab kematian sang vokalis The Cranberries itu belum jelas.

Mekipun demikian, O'Riordan diketahui telah lama menderita bipolar yang membuatnya mengalami perubahan emosi yang tajam.

Tak sedikit musisi yang memang berjuang melawan 'setan' di dalam diri mereka. Hal itu bisa berupa kecanduan obat-obatan hingga depresi. Tak jarang juga musisi ditemukan meninggal secara tragis.

Berikut lima musisi yang meninggal secara tragis.


1. Aaliyah (22 tahun)

Aaliyah meninggal dalam sebuah kecelakaan pesawat. (foto: famouspeople.com)

Penyanyi RnB ini meninggal dalam sebuah kecelakaan pesawat. Pada 25 Agustus 2001, Aaliyah dan beberapa orang dari label rekaman miliknya menumpangi sebuah pesawat dari Bandara Marsh Habour di Pulau Abaco, Bahama. Tujuan mereka ialah Bandara Opa-locka di Florida. Sayangnya, pesawat itu menabrak saat berada 200 kaki dari ujung landasan. Pesawat itu langsung meledak dan menewaskan Aaliyah.

Awalnya, ia dan kru akan meninggalkan pulau itu pada tanggal 26 Agustus 2001. Namun, karena mereka merampungkan video lebih cepat, mereka memutuskan untuk pulang lebih awal. Itulah mengapa mereka malah menumpangi pesawat yang lebih kecil ketimbang yang telah direncanakan. Akibatnya, pesawat itu dikabarkan kelebihan muatan sehingga menabrak saat lepas landas.


2. Whitney Houston (48 tahun)

Kematian bintang Bodyguard ini amatlah mengejutkan. Houston ditemukan tenggelam dalam bathtub di kamar 434 Beverly Hilton Hotel. Awalnya, pihak berwenang menolak menyebut penyebab kematian penyanyi tersebut. Mereka juuga menghilangkan dugaan pembunuhan. Namun belakangan diketahui penyebab meninggalnya Houston ialah tenggelam dan efek dari penyakit jantung juga efek penggunaan kokain.


3. Amy Winehouse (27 tahun)

Amy Winehouse berjuang melawan ketergantungan obat dan alkohol. (foto: saintheron.com)

Tak butuh waktu lama bagi Amy Winehouse untuk terkenal. Dengan lagu hit seperti Rehab dan Back to Black, tentunya ditambah tatanan rambut sasak tinggi ala sarang lebah, nama dan sosok Winehouse langsung menarik perhatian dunia. Sebagai bukti kejeniusannya dalam bermusik, delapan Grammy ia raih dalam semalam untuk album Back to Black.

Namun sayang, kesuksesan di musik tidak sejalan dengan keadaan hidupnya. Perjuangannya amatlah panjang. Berkali-kali keluar masuk rehabilitasi dan berjuang melawan depresi karena hubungannya dengan sang pacar, belum lagi kecanduan alkoholnya yang mengarah pada perilaku abusive.

Winehouse ditemukan tewas di rumahnya oleh penjaga keamanannya pada Juli 2011. Saat itu, ia baru berusi 27 tahun. Gone too soon.


4. John Lennon (40 tahun)

John Lennon mati ditembak di New York. (foto: Youtube)

Bersama The Beatles, John Lennon dilabeli pionir dalam British Invasion. Meskipun demikian, Lenon juga terkenal sebagai penulis lagu dan aktivis. Ia bahkan bersolo karier. Single hitnya, Imagine, merupakan lagu abadi sepanjang masa.

Lenon dibunuh Mark David tiga minggu setelah ia dan Yoko Ono merilis album Double Fantasy. Ia ditembak empat kali dari belakang di luar apartemennya di New York pada Desember 1980. Saat itu, ia baru saja kembali dari sebuah sesi rekaman. Ucapan tentang perdamaian, perubahan, dan penerimaan masih hidup dalam setiap musik Lenon hingga kini.

5. Michael Jackson (50 tahun)

Michael Jackson mengalami keracunan obat-obatan. (foto: variety.com)

'The King of Pop' merupakan titel yang pantas disematkan pada Michael Jackson. Ia merupakan gambaran lengkap seorang musisi, menyanyi, menulis lagu, bahkan menyanyi. Jackson mencapai ketenaran di usia yang amat muda bersama Jackson 5.

Setelah Jackson 5, ia meluncurkan solo karier yang ditandai lagu-lagu hit seperti Thriller dan Billie Jean. Tak hanya musiknya, gaya menari hingga cara berpakaian Jackson menjadi inspirasi musisi masa kini. Beyonce bahkan meniru tampilan ala militer Jackson, lengkap dengan satu sarung tangan saat tampil di Superbowl.

Raja musik pop ini ditemukan tewas di rumahnya di Los Angeles pada Juni 2009. Penyebab kematiannya ialah keracunan propofol dan benzodiazepine. Hal itu membuatnya terkena henti jantung.

6. Freddie Mercury (45 tahun)

Freddie Mercury meninggal karena HIV/AIDS.(foto: sundaypost.com)

Pada Oktober 1986, Freddie Mercury dikabarkan melakukan tes HIV/AIDS di sebuah klinik kecil. Namun, ia menyangkal mengidap penyakit tersebut. Sementara itu, pasangannya, Jim Hutton, menyebut Mercury didiagnosis mengidap AIDS setelah Paskah 1987. Pernyataan itu lagi-lagi ia bantah secara publik.

Akhirnya pada 23 November 1991, Mercury mengeluarkan pernyataan bahwa ia mengidap HIV/AIDS. Esoknya, 24 November 1991, ia meninggal di rumahnya di Kensington. Tragis, ya.(dwi)

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH