Seperti Apa Karantina Isolasi Diri Sebelum ke Luar Angkasa Para astronot wajib menjalani proses karantina baik sesudah maupun sebelum terbang ke luar angkasa. (Foto Pinterest)

SAAT ini, sebagian besar masyarakat di seluruh dunia melakukan isolasi di rumah untuk menghindari penularan pandemi virus Covid-19 atau Corona. Langkah ini dinilai efektif untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Metode seperti ini ternyata rutin dilakukan para astronot sebelum dan sesudah mereka ke luar angkasa. Hal ini dilakukan untuk memastikan mereka bebas dari virus.

Baca juga: Pentingnya Cuci Tangan, Liam Gallagher Ubah Lirik Tiga Lagu Oasis

Lalu, seperti apa karantina seorang astronot?

“Periode karantina astronot dilakukan untuk memastikan mereka tidak sakit atau tidak sedang menginkubasi penyakit ketika sampai di luar angkasa,” ungkap Brandi Dean, Juru Bicara Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA).

Ketika program Apollo NASA, para astronot Apollo 7 jatuh sakit di luar angkasa karena flu dan kehabisan obat. Masalah seperti ini membuat NASA kemudian menerapkan isolasi sebelum terbang ke luar angkasa.

Astronot
Buzz Aldrin, salah satu astronot yang pernah terbang bersama Neil Amstrong. (Foto National Geographic)



Saat itu, NASA mengisolasi awak Apollo 11, 12, 13, dan 14 di Mobile Quarantine Facility (MQF) setelah kembali dari bulan. Antisipasi ini dilakukan agar kemungkinan virus dibawa tidak mencemari bumi. Sampel bulan pun diisolasi dalam wadah di Lunar Receiving Laboratory (LRL). Sampel tersebut juga dilindungi agar tidak tercemar dari bahan-bahan di bumi.

Setelah mendarat di bumi, para astronot akan diisolasi selama 21 hari di MQF. Meski dalam proses karantina, mereka tetap diberikan perangkat komunikasi dan fasilitas layak. Hal ini pernah dialami seorang astronot bernama Buzz Aldrin setelah kembali dari bulan pada 1969.

Baca juga: Twitter Abaikan Tweet Kontroversial Elon Musk Terkait Corona

Ia bersama Neil Amstrong dan Michael Collins menghabiskan masa isolasi selama 21 hari untuk menghindari penyebaran virus. Aldrin mengatakan selama masa karantina banyak menghabiskan waktu untuk menyelesaikan laporan misi dan mengisi banyak formulir.

Astronot
Para astronot akan dikarantina di Mobile Quarantine Facility. (Foto NASA)



Sebelum melakukan penerbangan, para astronot menghabiskan dua minggu masa isolasi di tempat tinggal mereka di Kennedy dan Johnson Space Center milik NASA dan Kosmodrom Baikonur Roscosmos, Kazakhstan Selatan.

“Selama dua minggu, mereka tidak melakukan kontak langsung dengan siapa pun yang belum dibersihkan NASA. Mereka menghabiskan waktu dengan berolahraga, mempersiapkan mental, dan mempelajari prosedur penerbangan,” kata Dean.

Dengan adanya wabah virus Corona ini, kemungkinan masa waktu karantina pra penerbangan akan menjadi lebih lama. Sejauh ini, belum diketahui bagaimana prosedur karantina yang mungkin dapat berubah. (and)

Baca juga: Biar Tidak Bingung, Pahami Istilah Seputar Virus Corona


Tags Artikel Ini

Yudi Anugrah Nugroho

LAINNYA DARI MERAH PUTIH