Sepekan Beroprasi, Kereta Luar Biasa Mampu Angkut Ratusan Penumpang KA Argo Dwipangga relasi Solobalapan-Gambir. Foto: ist

MerahPutih.Com - Sepekan pelaksanaan Kereta Luar Biasa (KLB), PT KAI mencatat telah melayani 800 penumpang mulai dari 12 hingga 18 Mei 2020.

Selama sepekan itu terjadi peningkatan penumpang setiap hari.

Baca Juga:

Operasikan 6 KA Luar Biasa, KAI Jual Tiket Mulai Hari Ini

“Di hari pertama beroperasi terdapat 62 penumpang yang menggunakan KLB. Sedangkan pada hari ketujuh jumlahnya mencapai 167 penumpang per hari,” ujar Vice President Public Relations PT KAI, Joni Martinus kepada wartawan, Rabu (20/5).

Logo PT KAI
Logo PT Kereta Api Indonesia (Persero). Foto: Farid Stevy Asta

Joni mengatakan, melihat data itu menunjukan masyarakat semakin mempercayai layanan KAI yang aman dan nyaman, meski dalam kondisi pandemi Covid-19.

Adapun rute yang paling diminati penumpang, kata Joni, adalah Gambir-Surabaya Pasarturi dengan 135 penumpang, Surabaya Pasarturi-Gambir dengan 124 penumpang, dan Semarang.

Sementara untuk stasiun, Gambir merupakan lokasi terpadat untuk keberangkatan dan kedatangan penumpang, dengan jumlah 274 orang yang berangkat dan 276 penumpang yang datang selama 7 hari KLB beroperasi.

Disusul oleh Surabaya Pasarturi dengan 224 penumpang yang berangkat dan 234 penumpang yang datang.

Hingga kini PT KAI masih akan terus mengevaluasi pengoperasian KLB.

“Meski penumpang cukup banyak, protokol pencegahan Covid-19 tetap dapat kami jalankan dengan baik. Penumpang mengantre dengan tertib saat mengajukan izin, membeli tiket, hingga naik ke kereta api,” kata Joni.

Di sisi lain, selama 7 hari tersebut terdapat total 347 calon penumpang yang ditolak oleh Satgas Covid-19 untuk pembelian tiket KLB karena tidak melengkapi persyaratan.

Baca Juga:

PT KAI Operasikan Kereta Luar Biasa Relasi Purwokerto-Kroya

Satgas tersebut merupakan gabungan dari internal KAI, Kemenhub, TNI, Polisi, BPBD, Satpol PP, dan Dinas Kesehatan masing-masing daerah.

“Koordinasi yang terjalin baik antara KAI dan unsur-unsur Satgas Covid-19 yang bertugas di posko stasiun stasiun dengan cermat memilah calon penumpang yang benar-benar memenuhi syarat untuk menggunakan KLB ini,” pungkas Joni.(Knu)

Baca Juga:

PT KAI Berlakukan Rekayasa Pemberangkatan 16 KA



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH