Kesehatan
Sepatu Baru Bikin Lecet? Ini Cara Mengatasinya Harga bisa jadi indikator kualitas, tetapi bukan berarti sepatu langsung pas pada pemakaian pertama. (freepik/prostooleh)

KAMU pasti pernah merasakan betapa tidak nyamannya mengenakan sepatu baru, kecuali kalau hanya memakai sepatu kets.

Mengapa sepatu baru, bahkan yang terbuat dari kulit lembut, hampir selalu tidak nyaman untuk dipakai pada awalnya? Padahal, kamu telah mencobanya dengan cermat sebelum membelinya? Berapa lama waktu yang dibutuhkan agar terasa lebih nyaman di kaki?

Pembuat sepatu dan salah satu pendiri label alas kaki Singapura Palola, Josh Leong, memberi jawaban dan fakta, serta tips tentang cara membuat sepatu baru bisa sedikit lebih nyaman di kaki.

BACA JUGA:

Kaki Gatal saat Olahraga, ini Biang Keroknya

Apakah sepatu kulit meregang seiring waktu?

sepatu
Sangat normal jika sepatu kulit baru terasa sedikit ketat di bagian kaki tertentu. (123RF/andreypopov)

Menurut Leong, jawabannya ialah ya. Dia menunjukkan sangat normal sepatu kulit baru terasa sedikit ketat di bagian kaki tertentu. Jadi, jangan menyesal membelinya. Mungkin perlu beberapa kali pemakaian lagi sebelum sepatu itu mulai terasa lebih nyaman.

"Semua sepatu kulit akan meregang seiring waktu saat dipakai, karena mereka membentuk bentuk kaki," jelasnya seperti diberitakan Channel News Asia.

Leong juga menjelaskan bagaimana ada banyak jenis kulit yang digunakan dalam pembuatan sepatu, dan setiap jenis kulit tersebut dapat terasa dan terlihat sangat berbeda satu sama lain.

“Pembuat sepatu biasanya cenderung menyukai kulit yang kurang elastis dan kaku, karena akan membantu mempertahankan bentuk dan struktur sepatu untuk jangka waktu yang lebih lama. Menggunakan kulit yang terlalu elastis dan lentur dapat menyebabkan sepatu menjadi terlalu melar dan kehilangan bentuknya seiring waktu,” tambahnya.

Harga yang lebih tinggi mungkin merupakan indikator kualitas sepatu, tetapi mungkin tidak berarti sepatu itu akan pas pada pemakaian pertama. Faktanya, Leong mengatakan bahwa itu adalah kesalahpahaman umum bagi orang-orang untuk berpikir bahwa sepatu mahal yang dibuat dengan baik harus selalu pas sejak awal.

“Sementara kualitas bahan yang digunakan dan pengerjaan di balik sepatu berkontribusi pada kenyamanan keseluruhan yang mereka berikan, faktor yang sama pentingnya yang juga memengaruhi kesesuaian dan kenyamanan adalah model sepatu cocok untuk kaki pemakainya,” jelasnya.

Kesesuaian jadi kuncinya

sepatu
Kecocokan dengan bentuk unik kaki, dan ini melibatkan lebih dari sekadar menemukan sepatu dengan ukuran yang tepat. (Unsplash/Pesce Huang)

Lalu, bagaimana seseorang dapat menemukan sepatu yang lebih nyaman? Kuncinya terletak pada menemukan kecocokan dengan bentuk unik kaki, dan ini melibatkan lebih dari sekadar menemukan sepatu dengan ukuran yang tepat.

Menurut Leong, lebar kaki, panjang, punggung kaki, serta bentuk lengkung kaki dan area tumit adalah semua faktor yang dapat memengaruhi kecocokan sepatu.

Kamu mungkin tidak dapat menemukan sepatu yang dibuat persis sesuai bentuk kaki, tetapi dengan sejumlah pembuat sepatu di sini yang menawarkan layanan khusus akhir-akhir ini, tidak terlalu sulit bagi seseorang untuk menemukan sepatu yang pas di kaki.

Jika tidak, Leong merekomendasikan untuk mengetahui karakteristik unik kaki sendiri saat membeli sepatu, dan mencari merek sepatu terkemuka yang menawarkan pilihan jenis sepatu yang berbeda.

Selain menilai bagaimana sepatu terlihat di kaki, masuk akal untuk mengenakannya sambil berjalan-jalan ketika mencobanya. Ini adalah metode paling cepat untuk mendeteksi masalah kecocokan.

Leong juga merekomendasikan untuk memperhatikan apakah ada rasa sakit yang tajam atau terjepit di bagian kaki tertentu saat kamu mengenakan sepatu.

Alih-alih menggunakan pelapis sepatu (yang dapat mengubah ukuran sepatu) untuk mengurangi gesekan pada kulit, Leong merekomendasikan untuk mengoleskan sedikit lilin atau Vaseline pada "titik panas" di dalam sepatu yang menyebabkan ketidaknyamanan pada kakimu.

Menerapkan krim sepatu berkualitas tinggi di bagian luar juga akan secara efektif meningkatkan kekenyalan kulit, dan dengan demikian mempercepat proses melarnya sepatu.

“Trik lain untuk membantu meregangkan sepatumu adalah dengan menggunakan tandu sepatu kayu. Atau, kamu dapat mengenakan beberapa pasang kaus kaki sebelum menggunakan sepatu untuk meregangkannya,” katanya.

Terakhir, hindari sepatu yang dibuat menggunakan bahan sintetis, karena tidak akan meregang dan membentuk kaki dengan cara yang sama seperti kulit, bahkan setelah dikenakan untuk waktu yang lama.(aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
1 dari 3 Tanaman di Bumi Terancam Punah
Fun
1 dari 3 Tanaman di Bumi Terancam Punah

Sekitar 30 persen spesies pohon dunia menghadapi kepunahan di alam liar.

Daftar Hajatan Drag Race Mobil 2022 di Indonesia
Hiburan & Gaya Hidup
Daftar Hajatan Drag Race Mobil 2022 di Indonesia

Yuk intip sejumlah hajatan balap mobil drag race yang akan digelar pada tahun 2022 ini

Kompetitifnya Perang Bantal di Jepang
Travel
Kompetitifnya Perang Bantal di Jepang

Perang bantal telah menjadi gelar dalam status olahraga nasional.

Perusahaan Farmasi Perlu Vaksinasi Mandiri
Fun
Perusahaan Farmasi Perlu Vaksinasi Mandiri

Pihak Swasta harus terlibat menyukseskan program vaksinasi.

Ahli Roaster Jawab Stigma Roasting yang Beredar di Indonesia
Fun
Ahli Roaster Jawab Stigma Roasting yang Beredar di Indonesia

Banyak stigma beredar tentang roasting kopi.

Evergreen Fog, Warna Sejuk untuk Ruangan yang Lebih Nyaman
Hiburan & Gaya Hidup
Evergreen Fog, Warna Sejuk untuk Ruangan yang Lebih Nyaman

Evergreen Fog menambah kedalaman dan daya tarik pada sebuah ruang.

Perbankan Optimistis Terhadap Pertumbuhan Industri Esports Indonesia
Fun
Perbankan Optimistis Terhadap Pertumbuhan Industri Esports Indonesia

Industri perbankan mengeluarkan kartu debit membership untuk para gamer.

7 Sihir yang Eksis pada Marvel Cinematic Universe
ShowBiz
7 Sihir yang Eksis pada Marvel Cinematic Universe

Kekuatan sihir menjadi alat penting di sejumlah proyek Marvel.

Semoga Menu 'Start' Windows 11 Tidak Mengecewakan
Fun
Semoga Menu 'Start' Windows 11 Tidak Mengecewakan

Windows 11 mulai melakukan uji coba menu 'start'.