Sepanjang Libur Lebaran, 7,4 Juta Kendaraan Keluar Masuk Solo

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 11 Mei 2022
Sepanjang Libur Lebaran, 7,4 Juta Kendaraan Keluar Masuk Solo
Kendaraan terjebak macet di jalur alteri Solo-Semarang akibat diberlakukannya one way di jalan tol Semarang-Jakarta, Sabtu (7/5). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Kota Solo menjadi salah satu tujuan mudik dan liburan lebaran 2022 ini. Tercatat, pada H-7 Lebaran sampai H+Lebaran, kepadatan lalu lintas terjadi di kota yang pernah dipimpin Presiden Jokowi ini.

Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Jawa Tengah mencatat sebanyak 7,4 juta kendaraan keluar masuk Solo sepanjang libur Lebaran.

Baca Juga:

Penyebaran Kasus COVID-19 dan Kondisi RS di Delapan Daerah Tujuan Utama Mudik

"Jumlah kendaraan itu diperkirakan masih bisa bertambah mengingat masih ada pemudik yang belum kembali ke daerah perantauan," kata Kabid Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, Rabu (11/5).

Ia mengatakan, jumlah kendaraan pada Lebaran tahun ini naik dibandingkan pada Lebaran 2019 yang mencapai 7,2 juta kendaraan.

"Kalau melihat data kami, pada H+7 hingga pukul 12.00 WIB ada 200.000 kendaraan melintas, sangat memungkinkan menjadi 400.000 kendaraan pada akhir H+7 ini karena pergerakan kendaraan masih cukup banyak sampai saat ini," katanya.

Ia mengatakan, data traffic count mencatat, kendaraan roda dua masih mendominasi pergerakan hingga 65 persen setara 4,6 juta kendaraan, disusul kendaraan ringan seperti mobil dan sejenisnya dengan 30 persen setara 2,1 juta kendaraan, dan sisanya kendaraan berat.

"Pemudik kendaraan roda dua memang paling mendominasi dan disusul kendaraan ringan seperti roda empat dan sejenisnya," kata dia.

Bahkan, kata ia, karena banyaknya pemudik naik kendaraan roda dua, mereka banyak memanfaatkan rest area Dishub Solo untuk beristirahat.

Baca Juga:

Terminal Kampung Rambutan Tutup Pos Pelayanan Mudik Lebaran

"Catatan lainnya kami pada Lebaran adalah kepadatan di sejumlah pintu masuk kota, simpang sebidang kereta api, lokasi wisata, kuliner, dan hiburan yang ada di Solo," katanya.

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat, Djoko Setijowarno mengatakan, prediksi Balitbang Perhubungan dalam menakar pola perjalanan pemudik kali ini terbilang tepat dengan prediksi 24,1 persen pelaku perjalanan melintas via Tol Trans Jawa.

Kemudian, lanjut ia, 9,7 persen via Jalur Lintas Jawa Tengah, 9,2 persen via Tol Cipularang, 82 persen via Jalur Lintas Pantura, dan 4,7 persen via Trans Sumatera.

"Kami menilai pengaturan di ruas tol seperti sistem one way dan contra flow terbilang tepat karena sulitnya melakukan pengaturan rekayasa lalin secara penuh di jalur pantura," katannya. (Ismail/Jawa Tengah).

Baca Juga:

KAI Tolak 707 Penumpang selama Mudik Lebaran

#Lebaran #Mudik #Arus Mudik #Arus Balik Mudik
Bagikan
Bagikan