Sepak Terjang Hadi Tjahjanto, dari 'Udara' ke 'Tanah' Jawab Tantangan Baru Jokowi Hadi Tjahjanto yang kini menjadi Kepala BPN saat masih menjabat Panglima TNI (Twitter @_TNIAU) (Twitter @_TNIAU)

MerahPutih.com - Sebagai prajurit TNI, kecemerlangan Hadi Tjahjanto memang tidak perlu diragukan lagi. Sosok yang mengawali kariernya sebagai penerbang pesawat angkut ringan itu pernah memegang tongkat komando tertinggi Panglima TNI.

Setelah purnatugas sebagai Panglima TNI pada 2021, Hadi Tjahjanto kini mendapat tantangan baru. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menantang pria kelahiran Malang, 8 November 1963 itu untuk menuntaskan permasalahan klasik pertanahan, sertifikasi tanah hak milik masyarakat, hingga mafia tanah.

Baca Juga

Petualangan Politik Raja Juli Sampai Akhirnya Jadi Wamen ATR/BPN

Jokowi memerintahkan Hadi untuk menggantikan Sofyan Djalil menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) setelah resmi dilantik di Istana Negara, Rabu (15/6) siang. Nama Hadi memang santer digadang-gadang akan masuk Kabinet Indonesia Maju setelah pensiun dari tentara.

Tangkapan layar Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto (kanan) bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan usai Pelantikan Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju seperti ditayangkan secara virtual, Rabu (15/6/2022) (ANTARA/Mentari Dwi Gayati)

Kedekatan Jokowi dengan Hadi memang sudah berlangsung lama, Pada tahun 2010 hingga 2011, ketika Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah, Hadi mendapat promosi dari Markas Besar TNI Angkatan Udara untuk menjadi Komandan Lanud (Danlanud) Adi Sumarmo, Solo.

Hadi melanjutkan karier di Badan SAR Nasional menjadi Kepala Dinas Penerangan TNI AU periode 2013—2015, sekaligus memperoleh pangkat bintang pertamanya sebagai marsekal pertama (marsma). Karier Hadi terus meroket hingga ditarik Jokowi ke Istana sebagai Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres) dengan pangkat marsekal muda pada 2015.

Baca Juga:

Dilantik jadi Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto Punya Harta Rp 20,5 Miliar

Bernaung di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara dilansir Antara, Hadi bertanggung jawab mengoordinasi pengamanan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya, termasuk para tamu negara setingkat kepala negara dan kepala pemerintahan dari negara-negara sahabat. Tahun 2016, Hadi kembali promosi menjadi Inspektur Jenderal Kementerian Pertahanan dengan pangkat bintang tiga (marsekal madya).

Kariernya terus menanjak dengan dipilih menjadi Kepala Staf TNI AU (KSAU) dengan pangkat bintang empat (marsekal) pada 2017. Puncaknya, Hadi belum genap setahun menjadi KSAU lalu ditunjuk Jokowi menggantikan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menjadi Panglima TNI periode 2017—2021.

Arsip foto - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang kini ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Kepala BPN. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww/pri)

Saat menjadi Panglima TNI, Hadi membuktikan dirinya berhasil ikut mengawal Pemilu 2019 berjalan aman dan kondusif. Tak hanya itu dia juga terlibat dalam penanganan pandemi COVID hingga pensiun.

Setelah purnatugas sebagai Panglima TNI, Hadi kembali mendapat kepercayaan dari Presiden Jokowi untuk mengawal kejuaraan balap internasional MotoGP Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, sebagai komandan lapangan. Gelaran MotoGP Mandalika pada Maret 2022 itu dianggap sukses, bahkan Hadi menerima penghargaan dari Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

Selang beberapa bulan, Presiden Jokowi kembali memercayakan prajurit cemerlang itu sebagai anggota baru dalam kabinet. "Untuk Pak Hadi sebagai Menteri ATR BPN, karena beliau dulu sebagai mantan Panglima menguasai teritori dan kita juga tahu Pak Hadi kalau ke. Lapangan bekerjanya sangat getol," ujar Jokowi usai pelantikan

Kepala Negara mengharapkan Hadi sebagai kepala BPN segera menyelesaikan beragam masalah pertahanan di tanah air, proses distribusi sertipikat tanah gratis bagi jutaan rakyat Indonesia, termasuk masalah lahan di proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. "Saya meyakini Pak Hadi memiliki kemampuan untuk itu," tutup Jokowi. (Knu)

Baca Juga

Mendag Zulhas Janji Segera Atasi Persoalan Minyak Goreng

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Mekanisme Pengusulan Tiga Nama Capres yang Akan Diusung Nasdem
Indonesia
Mekanisme Pengusulan Tiga Nama Capres yang Akan Diusung Nasdem

Ketua DPP Nasdem Willy Aditya menjelaskan soal mekanisme pengusulan tiga nama capres yang akan diusung Nasdem di Pilpres 2024. Tiga nama tersebut akan diserahkan kepada Ketum Surya Paloh saat Rakernas.

Urban 20 Mayors Summit, Anies Nyatakan Komitmen Perlindungan Perempuan dan Anak
Indonesia
Urban 20 Mayors Summit, Anies Nyatakan Komitmen Perlindungan Perempuan dan Anak

Pemprov DKI Jakarta berkomitmen memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak dari berbagai bentuk kekerasan dan pelecehan seksual.

Susun Revisi UU Energi, Komite II DPD Kunjungi Jawa Timur
Indonesia
Susun Revisi UU Energi, Komite II DPD Kunjungi Jawa Timur

Komite II DPD RI terus melakukan penyempurnaan penyusunan naskah akademis revisi Undang-Undang (UU) No 30/2007 tentang Energi.

PSI Maklumi Kesibukan Anies Sibuk Foto di Warteg
Indonesia
PSI Maklumi Kesibukan Anies Sibuk Foto di Warteg

Dia juga mengingatkan agar Anies lebih terbiasa menerima kritik

Bupati Sleman Akui Kecolongan dengan Penggerebekan Pabrik Obat Terlarang
Indonesia
Bupati Sleman Akui Kecolongan dengan Penggerebekan Pabrik Obat Terlarang

Bareskrim Polri menggerebek dua pabrik obat terlarang di Kabupaten Bantul dan Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) beberapa waktu lalu.

DTKS Bakal Digunakan untuk Subsidi Energi Tepat Sasaran
Indonesia
DTKS Bakal Digunakan untuk Subsidi Energi Tepat Sasaran

Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) akan dimanfaatkan dalam pembelian BBM ataupun penyaluran bantuan langsung.

Pasien RSD COViD-19 Wisma Atlet Saat Ini 2.054 Orang
Indonesia
Pasien RSD COViD-19 Wisma Atlet Saat Ini 2.054 Orang

Pasien COVID-19 di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Jumat, dilaporkan bertambah 124 orang.

6 Fokus Jokowi Hadapi Ketidakpastian Tahun 2022
Indonesia
6 Fokus Jokowi Hadapi Ketidakpastian Tahun 2022

APBN tahun 2022 disusun dengan asumsi pertumbuhan ekonomi 5,2 persen, inflasi 3 persen, nilai tukar Rp 14.350 per dolar Amerika.

NOC Indonesia Bersiap Menuju ISG 2022
Indonesia
NOC Indonesia Bersiap Menuju ISG 2022

Tim NOC langsung bergerak cepat demi menyiapkan atlet Indonesia ke ISG.

Uji Laik Fungsi Segera Dilakukan di Jalan Tol Serpong-Cinere
Indonesia
Uji Laik Fungsi Segera Dilakukan di Jalan Tol Serpong-Cinere

Jalan Tol Serpong Cinere Ruas Pamulang-Cinere ini akan melengkapi Ruas Serpong-Pamulang yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dan dioperasikan pada April 2021 lalu.