Pandemi Corona

Seorang Profesor di UGM Positif Corona

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 19 Maret 2020
 Seorang Profesor di UGM Positif Corona
Kampus Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.Com - Seorang guru besar Universitas Gadjah Mada (UGM) positif terjangkit virus Corona (Covid-19). Sang profesor yang berinisial ID ini tengah dirawat di RSUP Sardjito Yogyakarta.

Wakil Rektor UGM Bidang Kerja Sama dan Alumni, Paripurna membenarkan adanya salah satu dosen UGM yang terjangkit Corona.

Baca Juga:

Belum Ada Upaya Luar Biasa Pemerintah Lindungi Kaum Pekerja Dari Ancaman Corona

"Kami menyampaikan ini sudah atas persetujuan dari keluarga. UGM memberikan dukungan sepenuhnya bagi perawatan beliau dan keluarganya," ujar Paripurna melalui keterangan pers di Yogyakarta, Rabu (18/3).

Wakil Rektor UGM Bidang Kerjasama dan Alumni Paripurna
Wakil Rektor UGM Bidang Kerjasama dan Alumni, Paripurna memberikan keterangan pers di Yogyakarta (Foto: antaranews)

Paripurna menjelaskan profesor tersebut dirujuk ke RSUP Dr Sardjito pada tanggal 15 Maret 2020. Ia segera diperiksa dan di isolasi di ruangan khusus. Pihak rumah sakit juga segera mengirimkan sample swab ke Balitbangkes pada Senin, 16 Maret 2020.

"Hasil swab Litbangkes positif. Hasil diumumkan pada tanggal 18 Maret 2020 kepada publik,"kata dia.

Pihak UGM berpesan kepada kolega dan kerabat sang profesor yang pernah bertemu dan kontak untuk segera memeriksakan diri. Salah satunya melakukan kegiatan skrining di fasilitas kesehatan terdekat yang memberikan layanan diagnosis dan perawatan Covid 19.

"Kami selalu berkomunikasi dengan keluarga beliau untuk mengetahui perkembangan kesehatan beliau, "terangnya.

UGM sendiri sejak beberapa waktu yang lalu telah melakukan langkah-langkah proaktif bagi pengendalian outbreak Covid-19. Rektor UGM, Panut Mulyono, mengeluarkan Surat Edaran Rektor No. 1606/UN1.P/HKL/TR/2020 tentang Tanggap Darurat Covid-19 di Lingkungan UGM pada Senin 16 Maret.

Baca Juga:

Jumlah Kematian Pasien Corona Melonjak Karena Rumah Sakit Baru Melapor

Dalam surat edaran ini Rektor meminta seluruh sivitas UGM untuk tetap tenang dan tidak terpancing kepanikan, meminimalkan aktivitas di luar rumah, serta menghindari kerumunan. UGM juga membuka peluang bagi pegawai UGM bisa bekerja dari rumah masing-masing. Kebijakan baru ini tertuang dalam Surat Edaran Rektor No.2428/UN1.PIV/SDM/AP/2020 tanggal 15 Maret 2020 tentang Panduan Work from Home Terkait Tindak Lanjut Pencegahan Penyebab Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Lingkungan Universitas Gadjah Mada.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta.

Baca Juga:

Kepala Gugus Tugas Minta Perdebatan Penyelesaian Corona Dihentikan

#Pasien Corona #Virus Corona #Universitas Gadjah Mada #Guru Besar
Bagikan
Bagikan