Seorang Pemilik Bioskop di AS Rela Jual Popcorn Demi Upah Karyawan Mark O'Meara rela berjualan popcorn demi menafkahi para karyawannya. (Foto: Variety)

BELUM jelas kapan pandemi Corona akan berakhir. Namun, banyak kisah inspiratif menyusul di baliknya. Pasca pandemi Corona, kita tahu industri perfilman dunia salah satu dari banyak yang mengalami kerugian. Bagaimana tidak, kejadian ini belum pernah dialami sebelumnya oleh industri. Dari sejumlah produksi dan penayangan film ditunda, sampai bioskop yang ditutup sementara. Karena kerugian besar ini, Mark O’Meara, salah satu pemilik bioskop, rela berjualan popcorn demi upah para karyawannya.

Baca juga:

Pandemi COVID-19 Tidak Halangi Proses Produksi Doctor Strange 2

Mark O’Meara merupakan pemilik University Mall dan Cinema Arts di Fairfax, Virginia. Kedua bioskop tersebut terpaksa tutup. Untuk pertama kali selama 29 tahun, ia harus menutup pintu bioskop akibat pandemi COVID-19. “Mengerikan. Sepanjang hidupku, aku sudah melewati berbagai jenis tragedi. Tapi, aku tidak pernah punya masalah melewatkan makan atau tidur. Ini sangat mengangguku. Aku terbangun tengah malam. Tidak seharusnya aku seperti ini,” ujar pria berusia 67 tahun tersebut seperti dilansir dari laman Variety.

Sorang Pemilik Bioskop di AS Rela Jual Popcorn Demi Upah Karyawan
O’Meara mendapatkan Rp 5,7 juta per hari. (Foto: 9GAG)

O’Meara tidak hanya tertekan karena harus menutup bisnisnya sementara. Tetapi ia juga gelisah dengan nasib karyawannya yang sebagian besar di bawah 30 tahun. Semua bioskop di Amerika Serikat tutup dan menyebabkan sekitar 150 ribu pekerjanya berhenti untuk sementara. “Saya punya banyak karyawan yang bekerja di sini yang mencari nafkah dan saya tidak dapat membayarnya dengan baik,” ujarnya.

Baca juga:

4 Film Disney Terbaik Dengan Makna yang Menyentuh!

Karena tidak bisa menjual tiket film, O’Meara memutuskan untuk menjual popcorn di tepi jalan seharga USD 3 atau sekitar Rp 49 ribu. Ia berjualan di tempat parkir bioskop demi mendapatkan uang untuk upah para karyawannya.

Pada hari pertama, O’Meara berhasil mendapatkan USD 25 atau sekitar Rp 410 ribu dalam waktu 45 menit. Sekarang, pendapatan rata-rata yang ia dapatkan adalah USD 300 hingga USD 400 atau sekitar Rp 5,7 juta per hari. Tak perlu berlama-lama, hasil penjualan tersebut langsung diberikan kepada karyawannya.

Sorang Pemilik Bioskop di AS Rela Jual Popcorn Demi Upah Karyawan
AMC Theaters sebelumnya juga tutup akibat pandemi COVID-19. (Foto: Variety)

Bukan hanya karyawan saja yang khawatir karena tidak mendapatkan bayaran, para pemilik bioskop pun khawatir kapan bioskop ini nantinya akan dibuka kembali. Tak hanya bioskop milik O’Meara saja yang tutup. Sebelumnya, AMC, Regal, dan Cinemark juga tutup akibat pandemi COVID-19. (And)

Baca juga:

3 Film Legendaris yang Mempengaruhi Budaya Populer, Wajib Kamu Tonton #DirumahAja!



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH