Seorang Nelayan Hilang Ditelan Ombak Tinggi

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 31 Juli 2017
Seorang Nelayan Hilang Ditelan Ombak Tinggi
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

MerahPutih.com - Seorang nelayan dilaporkan hilang di bedahan Plawangan Jetis, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Dugaan awal akibat perahu terbalik setelah dihantam gelombang tinggi.

"Berdasarkan informasi yang kami terima dari anggota SAR Jetis pada pukul 07.00 WIB, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 05.00 WIB," kata Koordinator Badan "Search and Rescue" Nasional (Basarnas) Pos SAR Cilacap Mulwahyono di Cilacap, Senin (31/7).

Ia mengatakan, kejadian bermula saat korban atas nama Kasiman (45) dan rekannya Suwarno (35), warga Desa Jetis RT 01 RW 03, Kecamatan Nusawungu, Cilacap, hendak berangkat melaut menggunakan perahu Andika Jaya.

Akan tetapi saat sampai di bedahan Plawangan Jetis, tiba-tiba datang gelombang tinggi yang langsung menghantam perahu yang mereka tumpangi hingga terbalik.

Akibat kejadian itu, korban atas nama Kasiman hilang terseret gelombang, sedangkan Suwarno dapat menyelamatkan diri.

"Setelah menerima informasi tersebut, kami segera memberangkatkan satu regu Basarnas menuju lokasi kejadian untuk menggelar operasi SAR guna mencari dan menolong korban," katanya.

Ia mengatakan, operasi SAR tersebut juga melibatkan personel TNI/Polri, SAR Jetis, dan potensi SAR lainnya.

Berdasarkan peringatan dini gelombang tinggi yang dikeluarkan Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap, tinggi gelombang maksimum di wilayah pantai selatan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta maupun Samudra Hindia selatan Jateng dan DIY pada hari Senin (31/7) berpeluang mencapai 4 meter.

Tinggi gelombang tersebut berbahaya bagi nelayan tradisional yang menggunakan perahu berukuran kecil. (*)

Sumber: ANTARA

#Cilacap #Nelayan Tradisional
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan