Sensor Biostamp Bisa Digunakan pada Organ Tubuh Reebok juga menggunakan teknologi Biostamp pada alat kebugarannya. (Foto: CNN)

MerahPutih Sains - Otak telah menjadi target terambisius seorang ilmuawan bernama John Rogers. Sejak dirinya sukses menciptakan Biostamp yang telah digembar-gemborkan sejak 2011 lalu, dirinya telah menggunakan Biostamp untuk berbagai penelitian, seperti mengukur detak jantung, suhu tubuh, tanda-tanda vital lainnya, bahkan memantau organ dalam tubuh.

Dikatakan dalam CNN, kini Biostamp telah diadopsi oleh merek produk olah raga, Reebok. Mereka menggunakannya untuk memantau dampak oleh raga terhadap kekuatan tubuh. Sementara itu produsen kosmetik L'Oreal menggunakannya untuk melacak hidrasi kulit. Militer AS pun menggunakanyauntuk memantau kondisi prajurit.

Teknologi Biostamp bahkan kini sedang diuji untuk kepentingan penelitian organ dalam tubuh. Data yang dihasilkan dari electroceuticals menawarkan kemungkinan pengobatan serta diagnosis menggunakan stimulasi elektronik. Alat ini ditargetkan sebagai alternatif pengobatan untuk mengurangi ketergantungan penyembuhan menggunakan obat. Pendekatan berpotensi revolusioner akan mampu diterapkan pada banyak masalah organ.

Tim peneliti Rogers di University of Illinois di Urbana Champaign, telah memasukan perangkat elektronik ini ke saraf panggul untuk mengatasi disfungsi kandung kemih. Mereka juga menerapkannya pada permukaan jantung untuk menggantikan peran alat pacu jantung canggih. Biostamp juga telah direkayasa untuk dapat larut secara aman di dalam tubuh setelah periode waktu tertentu.

Ujian terbatas ini baru sebatas dilakukan pada tikus saat ini, sementara peneliti terus bekerja agar Biostamp benar-benar aman, sehingga teknologi dimungkinkan untuk digunakan pada organ dalam manusia. Rogers mengakui ada beberapa risiko dalam memperkenalkan unsur-unsur asing bagi tubuh, tapi dirinya yakin ini akan menjadi langkah baik kedepannya.

 

Baca juga:

Mengenal Inge Lehmann

Harta Karun Kapten Kidd Ditemukan

Saat Pertama Inge Lehmann Menggugah Dunia

Ponsel Kurangi Ketergantungan Terhadap Ahli Medis

Biostamp, Sensor Kecil untuk Ungkap Pikiran Terdalam


Tags Artikel Ini

Fadhli