Sensasi Pedas Menyambar Berbahan Dasar Itik Enthog Slengit. (Foto: Instagram/@bebekslengit)

SANTAPAN bergenre pedas, selalu menjadi primadona di ranah kuliner. Salah satu yang wajib dijajal, enthog alias itik yang diracik dengan konsep tradisional. Tidak hanya pedasnya yang membuat lidah tertawan, aroma dan cita rasanya pun terbilang mumpuni.

Mendapuk enthog atau itik yang berbobot montok, di Bandung kini hadir santapan ciamik berjuluk Enthog Slenget. Berbeda dari galibnya daging enthog yang sedikit amis dan alot, Enthog Slenget justru memiliki aroma yang menggoda selera. Begitu juga dengan tekstur dagingnya yang lembut membuai lidah.

Manager Rumah Makan Enthog Slenget Kang Mamat, Rully Junia Rahman bercerita, kunci kelezatan dari kuliner ini berasal dari cara memasaknya yang mempertahankan kearifan lokal. Enthog sengaja ditempatkan di cobekan tanah liat lalu matang di atas api yang berasal dari bara arang. Tak pelak, Wangi Enthog seolah menghadirkan nuansa khas tradisional.

"Selain dimasak di atas perapian arang, kami juga membubuhkan 12 jenis rempah khas Indonesia, termasuk cabai rawit domba yang pedasnya maksimal," ujar Rully.

Berlokasi di Jalan Bima No 2 Bandung, Enthog Slenget juga diracik dengan adopsi cita rasa aslinya di Yogyakarta. Rasanya berkiblat manis legit dan gurih. Namun untuk menyesuaikan dengan selera warga Bandung, ia memberikan rasa yang lebih seimbang antara manis dan asin gurih.

Namun satu hal yang wajib muncul, yakni berkuah slenget dan panasnya tersimpan lama di cobekan tanah liat. Saat tersaji, enthog terlihat menantang lidah dengan irisan cabai, kuah cantiknya yang berwarna kecokelatan dan sensasi asap.

"Kuah enthog memang harus slenget atau artinya pedasnya menyambar. Demikian juga dengan manis gurihnya yang asli diambil dari gula Jawa," katanya.

Santapan kuah slenget khas Kang Mamat, tak hanya mengandalkan daging enthog yang dipotong-potong dadu. Ada juga pilihan daging ayam serta bakso sapi. "Khusus untuk enthog, dagingnya dipresto dulu selama dua jam kemudian dimasak kembali di atas bara arang," beber Rully.

Seporsi kuah slenget beserta isian serta nasi hangat wajib dicicipi jika ingin makan terasa nikmat. Sebelum rasa penasaran terbayarkan, Netizen juga boleh mengintip menunya lewat Instagram, @enthogslengetkangmamat. Selamat mencoba! (*)

Artikel ini dibuat berdasarkan laporan kontributor Bandung, Yugi Prasetyo. Dapatkan pula artikel terbaru lain di sini.

Kredit : yugi

Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH