Sensasi Menukar Buku Bekas Lewat Vending Machine di Manchester

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 07 April 2023
Sensasi Menukar Buku Bekas Lewat Vending Machine di Manchester
Di bangunan Corn Exchange yang kaya akan nilai historis, vending machine dimanfaatkan untuk meningkatkan minat literasi masyarakat sekitar. (Foto: Corn Exchange Manchester)

JIKA umumnya vending machine diisi dengan makanan ringan, minuman, atau pilihan camilan lainnya, vending machine di Manchester, Inggris, malah menawarkan sesuatu yang berbeda dan unik.

Di bangunan Corn Exchange yang kaya akan nilai historis, vending machine dimanfaatkan untuk meningkatkan minat literasi masyarakat sekitar dengan cara mengisinya dengan beragam koleksi buku bekas pakai.

Baca Juga:

Setelah 40 Tahun, NASA Punya Seragam Baru

Mengangkat konsep read, swap, repeat, siapa pun boleh datang untuk mengambil buku bekas secara gratis melalui mesin tersebut. Para pengunjung, baik yang hanya butuh bacaan di perjalanan, ingin memperbarui bacaan di rumah, atau bahkan membutuhkan buku untuk menemani minum kopi, bisa langsung datang ke bangunan tersebut untuk mendapatkan buku baru.

Mengutip Secret Manchester, pihak Corn Exchange juga mengajak para penggemar buku untuk membawa buku lama mereka dan menukarkannya dengan buku yang tersedia di vending machine.

"Kami senang telah memasang vending machine buku kami di The Corn Exchange dan bersemangat untuk memulai komunitas pecinta buku dan melihat apa yang dibaca orang-orang Manchester. Semua buku di mesin kami akan menjadi barang bekas, sehingga kami dapat melakukan sedikit demi sedikit untuk menjaga agar sejumlah kecil buku bekas tetap beredar untuk membantu lingkungan, yang merupakan sesuatu yang sangat kami sukai,” ungkap Manajer Pemasaran The Corn Exchange Alison Hogarth.

Baca Juga:

50 Restoran Terbaik Asia di 2023

Menurutnya, kehadiran vending machine buku bekas ini sangat berpeluang memberi orang kesempatan untuk membaca sesuatu yang biasanya tidak mereka pilih.

Meski terbilang baru, menurut BBC, lebih dari 600 buku telah ditukar sejauh ini lewat kehadiran vending machine buku bekas berwarna ungu gelap itu. Hadirnya Inovasi ini sebenarnya memiliki harapan untuk membantu menjaga lingkungan serta mengurangi limbah buku.

Di dalam vending machine ini, para pengunjung dapat menemukan buku bekas dengan berbagai genre yang dapat dipilih. Agar bisa memperoleh buku-buku tersebut, para pengunjung hanya perlu membawa satu buku bekas yang sudah dibaca dan menukarkannya dengan token untuk mengakses vending machine tersebut dan memilih bacaan baru.

Meskipun buku-buku di dalam mesin tersebut gratis, setiap orang harus mendonasikan satu buku bekas baru untuk mendapatkan token. Sejalan dengan konsep read, swap, repeat yang telah disebutkan sebelumnya, program ini memungkinkan siapa pun untuk menukarkan buku mereka berkali-kali sesuai dengan keinginan.

Bagi kamu yang sedang bertandang atau berada di Inggris, vending machine ini bisa dijumpai di pintu keluar Fennel Street di gedung Corn Exchange. Bagaimana, berminat untuk merasakan pengalaman menukar buku yang unik ini? (dsh)

Baca Juga:

Fakta Unik Dunia Kuliner Spanyol

#Travel
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan