Sensasi Gurih Keripik Selondok Rasa Daun Jeruk

Eddy FloEddy Flo - Senin, 08 Februari 2016
Sensasi Gurih Keripik Selondok Rasa Daun Jeruk
Tris Wahyuni, Pembuat Keripik Selondok

Merahputih Bisnis - Kerupuk singkong selondok merupakan makanan ringan tradisional khas Magelang. Diolah dan dikemas dengan cara sederhana, ternyata panganan ini mendatangkan nilai ekonomis bagi pengrajinnya.

Seperti yang dilakukan Tris Wahyuni. Dengan kreatifitasnya, camilan berbahan dasar singkong, diracik dengan berbagai variasi warna dan rasa yakni Pedas, sedang, dan sangat Pedas.

Bersumber dari keterangannya, usaha ini ditekuni berangkat dari mencari penghasilan tambahan. Berawal dari menjadi reseller salah satu produk camilan Maici, ia membagi-bagikan secara gratis bagi customer yang membeli banyak.

"Waktu itu saya menjual produk camilan maici, pada waktu pembeli banyak maka diberi bonus produk kerupung singkong ini," ujar perempuan yang akrab disapa Aties kepada Merahputih.com di Galery Indonesia Wow, Gedung Smesco, beberapa waktu lalu.

Darisana, ternyata produknya mendapat respons positif customer. Melihat peluang bagus, akhirnya ia memutuskan untuk menjual produknya tersebut. Dengan modal awal sebesar Rp 700 ribu.

"Waktu itu modal Rp 700 ribu gunakan untuk memproduksi kerupuk singkong ini, seperti membeli bahan baku dan kemasan yang sederhana karena memulai usaha ini dari modal kecil," tuturnya.

Diakuinya dengan racikan tangan kreatif, produk tradisional ini tak kalah lezat bila dibandingkan dengan produk yang sudah lebih dulu buming.

"selain pedas rasa pada kerupuk ini, yang paling ditonjolkan rasa daun jeruk dan menjadi ciri khas kami. Komposisinya 75 gram yang dikemas menarik," terangnya.

Dan untuk harga yang ditawarkan sangat terjangkau dan dijamin tidak bikin kantong bolong, yakni Rp15.000/pcs untuk tiga varian rasa.

Untuk menambah varian rasa keripik, Aties juga membuat sejumlah produk berbahan baku singkong, yakni camilan emplot dan samcit.

"Kalau emplot memiliki tiga rasa yakni rasa keju, original, dan pedas harga sama dengan kerupuk singkong selondok yakni Rp 15 ribu."

Sedangkan produk samcit yakni keripik singkong memiliki tiga rasa coklat, green tea, dan susu. Komposisinya sendiri sebesar 100 gram, harga yang ditawarkan berbeda yakni Rp17.500.

"Harga yang ditawarkan harga agak mahal karena kemasannya menggunakan alumunium foil dan komposisinya jauh lebih banyak ketimbang produk kerupuk singkong," jelasnya. (Abi)

BACA JUGA:

Jangan Takut, Hatim: Usaha Kuliner Harus Jangka Panjang

Cangkir Cafe, Kuliner Murah Meriah di Pacitan

Ayam Taliwang Warisan Kuliner Khas Lombok

Ratusan Kuliner di Eat Republic Lalui Penyeleksian Ketat

Nikmati Kuliner Khas Indonesia di Eat Republic CBD

#Khas Indonesia #Budaya Indonesia #Makanan Tradisional Sehat #Kuliner Gaul
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan